Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 13 Feb 2018 09:55 WIB

TRAVEL NEWS

Jelang Asian Games 2018, Bekas Gudang Ini Disulap Jadi Kampung Mural

Raja Adil
Redaksi Travel
Peresmian Kampung Mural Goedang Boentjit (Raja Adil/detikTravel)
Peresmian Kampung Mural Goedang Boentjit (Raja Adil/detikTravel)
Palembang - Menyambut Asian Games 2018, Pemkot Palembang terus menambah destinasi wisata baru. Kali ini bekas pergudangan disulap jadi Kampung Mural yang keren.

Pemkot Palembang sepertinya belum berhenti menambah destinasi wisata baru. Terlihat sejumlah warga dan komunitas mural bahu membahu dalam mempercantik wajah kota Palembang sejak beberapa bulan terakhir.

Tidak ingin ketinggalan, Dinas Pariwisata Kota Palembang pun ikut memberikan fasilitas pendukung bagi komunitas ini. Dimana Dinas Pariwisata juga ikut memberikan lapak khusus di salah satu kawasan yang dulunya terlihat seram dan tidak terawat menjadi cantik.

Goresan kuas dari tangan kreatif, serta perpaduan warna cat cerah ternyata mampu membuat kampung ini menjadi tempat tongkrongan dan primadona bagi kalangan muda. Ya, letaknya pun berada di Jalan Sungai Tawar, Kecamatan Ilir Barat I Kota Palembang atau sekitar 500 meter dari kawasan Benteng Kuto Besak.

Wali Kota Palembang di Goedang Boentjit (Raja Adil/detikTravel)Wali Kota Palembang di Goedang Boentjit (Raja Adil/detikTravel) Foto: ( Raja Adil Siregar/detiktravel)
Wali Kota Palembang, Harnojoyo kepada wartawan mengaku, ini merupakan salah satu upaya dalam penanganan kawasan kumuh. Sehingga kedepan Pemkot akan terus menata kawasan kumuh agar bisa memiliki nilai jual tersendiri dalam dunia pariwisata.

"Sebelumnya tempat ini adalah kawasan kumuh, penuh sampah dan banyak binatang liar, sekarang sudah berubah. Ini adalah salah satu upaya kita dalam menuntaskan kawasan kumuh di kota Palembang dan kedepan kita akan cari tempat baru untuk disulap jadi seperti ini," kata Harnojoyo, Senin (12/2/2018).

Meskipun secara historis memiliki cerita yang buruk, tenyata Goedang Boentjit kini mampu memikat hati pengunjung yang datang. Hal ini bukan hanya karena perpaduan warnanya yang cerah karena lukisan 3 dimensinya saja, tetapi view lokasi yang berada tepat di tepian sungai Musi.

Berfoto bersama (Raja Adil/detikTravel)Berfoto bersama (Raja Adil/detikTravel) Foto: ( Raja Adil Siregar/detiktravel)
Termasuk saat melihat ke bagian sisi kiri dan kanan, pengunjung akan disuguhkan pemandangan jembatan Musi VI dan jembatan Ampera yang mempesona.

Di sisi lain, Kepala Dinas Pariwisata Palembang Isnaini Madani mengatakan perkampungan Goedang Boentjit akan terintegrasi dengan destinasi wisata lain. Sehingga kedepan pengunjung tidak hanya dapat datang ke satu destinasi saja, tetapi beberapa destinasi dapat dikunjungi dalam waktu bersamaan.

Asyik buat foto-foto (Raja Adil/detikTravel)Asyik buat foto-foto (Raja Adil/detikTravel) Foto: ( Raja Adil Siregar/detiktravel)
"Target kita sebelum Asian Games kawasan ini sudah selesai di cat semua setelah kita bekerjasama dengan PT Dulux. Termasuk kita kerjakan agar bagaimana nanti destinasi wisata ini saling terintegrasi antara satu dengan yang lainnya," kata Isnaini.

Selain Goedang Boentjit, beberapa hari lalu Pemkot Palembang telah lebih dulu melakukan soft launching destinasi wisata baru, seperti Sekanak Bersolek, Lorong Basah Night Culinery dan Tugu Iwak Belido sebagai ikon baru kota Palembang. (bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED