Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 23 Feb 2018 17:52 WIB

TRAVEL NEWS

Negara Ini Gunakan Hinaan Trump Untuk Promosi Wisata

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Foto: Poster promosi wisata Zambia (dok. Zambia Tourism)
Foto: Poster promosi wisata Zambia (dok. Zambia Tourism)
Lusaka - Zambia dan negara Afrika lain dihina Donald Trump sebagai negara sh*thole. Bukannya marah, negara-negara ini malah menjadikan hinaan itu sebagai promosi wisata.

Beberapa waktu lalu, bertempat di Gedung Oval, Presiden AS Donald Trump menyebut negara-negara dunia ketiga, seperti Zambia, Haiti, El Savador, dan negara Afrika lainnya sebagai sh*thole. Penyataan itu keluar ketika Trump berdiskusi dan membahas soal Imigrasi.

Penyataan yang dilontarkan Trump memang kontroversial. Alih-alih marah, negara-negara yang dihina Trump malah menjadikan hinaan tersebut sebagai promosi wisata negara mereka.

Dihimpun detikTravel dari beberapa sumber, Jumat (23/2/2018), salah satu negara yang menggunakan hinaan Trump sebagai bahan kampanye wisata ini adalah Zambia. Lewat laman resmi Zambia Tourism, sebuah poster wisata keren resmi mereka luncurkan.

(dok. Zambia Tourism)Foto: (dok. Zambia Tourism)


Poster tersebut berupa pemandangan savana Afrika yang eksotis. Ditambah latar belakang sunset yang menawan. Tapi yang paling menggelitik adalah kata-kata yang tercantum di poster wisata tersebut.

"Visit ****Hole Zambia. Where the only stars and stripes you'll have to see are in the sky and on a zebra,"

Kata-kata tersebut seperti sindiran bagi Negeri Paman Sam. 'Stars and stripes' yang disebut di poster merujuk ke bendera negara AS. Sementara di Zambia, 'stars and stripes'-nya lebih ke wisata alam yaitu bintang-bintang di langit dan garis-garis belang hewan Zebra.

Lain Zambia, lain pula promosi wisata yang dilakukan negara Botswana. Lewat akun resmi Botswana Government di Twitter, mereka memplesetkan hinaan Trump dari sh*ithole jadi negara waterhole.



Sambil pamer foto-foto keeksotisan savana di negaranya, mereka juga menambahkan tagar #ExperienceBotswana agar traveler bisa mengeksplorasi keindahan Botswana lewat tagar tersebut.

Sementara itu, Haiti yang juga dihina Trump nggak mau kalah kreatif dalam promosi wisata. Mereka mengeluarkan poster keren dengan latar belakang keindahan laut Haiti bertuliskan: "Greetings from SH**HOLE ISLAND'.

(dok. Haiti Tourism) Foto: (dok. Haiti Tourism)


Promosi wisata ini dinilai sebagai bentuk 'perlawanan' negara-negara ini terhadap pernyataan Donald Trump yang mayoritas kontroversial. Mereka ingin membuktikan bahwa hinaan Trump tidak berdampak banyak terhadap industri pariwisata mereka. (wsw/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

14 Kapal Pesiar Terbaik 2018

Jumat, 14 Des 2018 07:50 WIB

Wisata naik kapal pesiar, makin sering dilakukan wisatawan. Inilah daftar kapal pesiar terbaik 2018 versi Cruise Critic Editors' Picks Awards.