Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 26 Feb 2018 18:50 WIB

TRAVEL NEWS

Dispar Pesarawan: Ada Ketentuan di Penanaman ATM di Laut Pahawang

Syanti Mustika
detikTravel
Foto: (dok MURI)
Foto: (dok MURI)
Bandar Lampung - Mesin ATM di bawah laut Pahawang menimbulkan pro dan kontra di kalangan traveler. Dispar Pesawaran, Lampung pun angkat bicara.

Adanya mesin ATM di laut Pulau Pahawang, Provinsi Lampung mejadi pembicaraan hangat di sosial media. Mesin ATM ini menimbulkan pro dan kontra di kalangan para traveler di medsos. Menanggapi hal ini, Sri Nugraeni, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pesawaran memberikan tanggapan mengenai ATM bawah laut ini.

"Kami mengetahui permasalahan mesin ATM yang berada di laut Pahawang. Mereka memang meminta pendapat mengenai rencananya itu. Kami dari Dispar mempersilakan hal itu karena memang bertujuan untuk konservasi terumbu karang. Kami memberikan syarat bahwa kegiatan ini memang bertujuan untuk menambah nilai lingkungan. Karena kawasan yang ditanami mesin ATM itu kawasan yang terumbu karangnya memang sudah rusak," ungkap Sri saat dihubungi detikTravel, Senin (26/2/2018).

Mesin ATM bawah laut ini merupakan salah satu program Bank BRI Bandar Lampung. Tujuan dari penanaman mesin ATM ini untuk menambah spot foto bawah air di Pulau Pahawang. Selain itu juga untuk menarik wisatawan datang ke pulau ini. Sri pun menjelaskan bahwa dari sisi ekonomi dengan adanya ATM bawah air, nilai ekonomi penduduk juga bertambah karena wisatawan ramai berkunjung.

"Selain untuk menambah spot foto dan konservasi terumbu karang, ATM bawah laut ini juga membantu meningkatkan pendapatan penduduk. Mesin ATM ini diresmikan pada tanggal 22 Februari lalu, dan pada tanggal 23 sudah ada 20 kapal yang singgah ke titik itu. Berarti ramai wisatawan yang penasaran kan?" tambah Sri.

Sri juga mengungkapkan peletakan Mesin ATM bawah laut ini juga berkordinasi dengan Dinas Kelautan Lampung dan juga Dinas Lingkungan. Selagi bertujuan untuk perbaikan lingkungan, Dispar Pesarawan tidak mempersalahkan.

"Kami mempersilakan dengan syarat adanya nilai tambah untuk kebaikan lingkungan. ATM di dalam laut kan bukan mesin seperti ATM yang biasa kita gunakan. Tetapi mesin ini memiliki lobang yang berguna untuk ikan nantinya. Juga di sekitar ATM ini nantinya akan ditanami terumbu karang," tutup Sri. (sym/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED