Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 01 Mar 2018 18:50 WIB

TRAVEL NEWS

Hai Pendaki, Ini Pesan dari Pria yang Bersihkan Sampah Botol Air Seni di Gunung

Kurnia Yustiana
Redaksi Travel
Foto: Iwan Degleng di sela pendakian (iwan_degleng/Instagram)
Foto: Iwan Degleng di sela pendakian (iwan_degleng/Instagram)
Jakarta - Kebersihan gunung tentunya harus dijaga. Berikut ini pesan dari pendaki yang sukarela membersihkan sampah botol air seni yang dibuang sembarangan di gunung.

Baru-baru ini, pendaki bernama Iwan mengunggah foto dan video yang menunjukkan rupanya masih banyak pendaki yang membuang sampah sembarangan di gunung. Pria asal Wonosobo itu mengunggah foto dan video yang menampilkan banyaknya sampah botol berisi air seni yang tercecer di gunung.

di samping foto keren di gunung masih banyak yg nggk peduli tentang alam kita, yg seharusnya kita jaga bersama. seperti menjaga doi #eaaak apa yg kau cari? cuma foto keren? biar di repost sama admin dan nambah followers? naik gunung nggk sebercanda itu.馃槫 yaaaa kalau masih mau seenaknya sendiri mendingan dirumah aja dan ngumpet di ketiak ibu. jangan mau enaknya doang, kasian nama pendaki klo kelakuan masih begitu. . 馃搷. di gunung . @urbanhikers @jejakpendaki @gunungindonesia #wajahpendaki #sepasangpendaki #rinduketinggian #temanmendaki #pendakiindonesia #mountnesia #mountainesia #jelajahgunung #jejakpendaki #sahabatpendaki #exploregunung #wajahpendaki #mdplindonesia #mountjourney #pendaki #kabutlembut #kamiparapendaki #pendakibackpaker #tracking #mountain #pendakimucukers #muncakid #urbanhikers

A post shared by kaum lusuh (@iwan_degleng) on Feb 21, 2018 at 3:44am PST


Iwan dan teman-temannya pun berinisiatif untuk membersihkan dan membawa turun sampah-sampah di gunung. Hal ini telah dilakukan sejak 2013 lalu. Iwan berharap para pendaki bisa semakin sadar untuk tidak membuang sampah sembarangan.

"Jangan cuma nyari foto keren saja di gunung. Ya kita harus jaga bersama alam kita, tempat ngopi liar kita. Kasihan nama pendaki jika masih kelakuan seperti itu, dengan ninggalin sampah apalagi kencing dalam botol itu kan sangat tidak mencerminkan pecinta alam," kata Iwan kepada detikTravel, Kamis (1/3/2018).

Jika alam sekitaran gunung yang didaki bersih, para pendaki pun akan lebih nyaman untuk terus berjuang menuju puncak. Kalau banyak sampah pastinya mengganggu pemandangan, belum lagi kalau baunya menyengat.

"Harus tahu etika pecinta alam, jangan nyampah digunung. Kita main harus sambil menjaga alam kita, kalau bersih kan buat main enak. Nggak tidur dengan sampah di camp area," ucapnya.

"Naik dengan bawaan berat kuat, masak turun bawa sampah sendiri nggak kuat kan lucu," imbuhnya.
(krn/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED