Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 22 Mar 2018 21:50 WIB

TRAVEL NEWS

Ditemukan Pesan Dalam Botol Tertua Berumur Ratusan Tahun

Johanes Randy Prakoso
Redaksi Travel
Ilustrasi pesan dalam botol (Thinstock)
Ilustrasi pesan dalam botol (Thinstock)
Wedge Island - Pesan dalam botol tidak hanya ada di dalam film bajak laut. Nyatanya, telah ditemukan pesan dalam botol berumur ratusan tahun di pantai Australia.

Dikumpulkan detikTravel dari berbagai sumber, Kamis (22/3/2018), pesan dalam botol yang diperkirakan tertua di dunia itu pun ditemukan di salah satu pantai di Wedge Island, Australia, seperti diberitakan media Herald Sun.

Diperkirakan, pesan dalam botol itu telah berumur sekitar 132 tahun atau lebih tua dari pesan dalam botol sebelumnya yang berumur 108 tahun.

Para ahli menyimpulan, kalau pesan dalam botol itu dilemparkan ke laut dari salah satu kapal Jerman bernama Paula di tahun 1886. Konon pelemparan botol itu dilakukan sebagai upaya untuk mencari tahu arus samudera terkait rute pelayaran.

Antara tahun 1864 dan 1933, ribuan botol dilemparkan ke laut oleh kapal Jerman. Masing-masing mengandung pesan kapten kapal yang berisi waktu pengiriman pesan, botol, nama kapal, lokasi pelabuhan awal dan rute perjalanan.

Di masa lalu, barang siapa yang menemukannya diminta untuk menuliskan lokasi penemuan botol dan mengembalikannya ke Hamburg atau konsulat Jerman.

Sang penemu botol, Tonya Illman pada akhirnya memberikan pesan dalam botol itu ke museum untuk ditampilkan selama dua tahun ke depan seperti diberitakan News Australia. (rdy/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED