Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 26 Mar 2018 15:35 WIB

TRAVEL NEWS

Calon Pesawat Tercepat, London - New York Kurang dari 4 Jam

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Pesawat XB-1 (Getty Images)
Denver - Umumnya penerbangan dari London ke New York bisa memakan waktu hampir 8 jam. Namun dengan bakal pesawat tercepat ini, bisa ditempuh kurang dari 4 jam.

Pihak perusahaan penerbangan asal Amerika Serikat, Boom Supersonic tengah menggarap pesawat seri baru bernama XB-1. Dikumpulkan detikTravel dari berbagai sumber, Senin (23/3/2018), XB-1 diklaim sebagai pesawat sipil tercepat dalam sejarah seperti diberitakan media The Sun.

Prototipe pesawat bernama XB-1 tersebut diketahui dapat mencapai kecepatan maksimum hingga 2.715 km/jam. Dengan kecepatan tersebut, waktu tempuh London ke New York bisa disingkat hingga kurang 4 jam atau lebih cepat dua kali dari umumnya.

Kecepatan pesawat yang bukan main-main itu pun didukung oleh berbagai fitur penunjang, mulai dari badan pesawat yang terbuat dari karbon hingga 3 mesin General Electric J85 paling ringan.

Sejauh ini, pesawat XB-1 atau yang disebut Boom tersebut memiliki panjang 20,7 meter dan lebar 5,2 meter. Disebutkan juga, kalau pesawat tersebut bisa terbang dengan kecepatan dua kali kecepatan suara.

Apabila sudah jadi nanti, pesawat XB-1 bisa membawa hingga 55 penumpang. Harga tiketnya pun diestimasi seperti harga tiket di kelas bisnis.

Saat ini pihak Boom Supersonic tengah dibangun di Mojave Air & Space Port di Amerika Serikat sebelum diuji coba lebih lanjut. Kabarnya, pesawat itu akan siap beroperasi awal 2020 seperti diberitakan News Australia. (bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA