Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 13 Apr 2018 13:10 WIB

TRAVEL NEWS

Ini Cara Pergi ke Kepulauan Sula di Maluku Utara

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Foto: Bandara Pattimura di Ambon (Randy/detikTravel)
Foto: Bandara Pattimura di Ambon (Randy/detikTravel)
Jakarta - Nama Kepulauan Sula di Maluku Utara memang masih jarang terdengar di telinga treveler. Dikenal indah dan masih perawan, ini cara menuju ke sana.

Bagi traveler yang belum tahu, Kepulauan Sula bisa disebut sebagai salah satu hidden gem di Maluku Utara. Soal keindahan, kabupaten kepulauan ini pun bisa disandingkan dengan Ternate atau Tidore yang lebih populer.

Mulai dari pulau indah hingga peninggalan bersejarah, juga dimiliki oleh Kepulauan Sula. Contohnya seperti Pulau Pagama, Pantai Fukweu hingga Benteng De Verwachting.

Hanya saja, mungkin hanya sedikit traveler yang pernah liburan ke sana. Dihimpun detikTravel, Jumat (13/4/2018), berikut cara liburan ke Kepulauan Sula.

Ini Cara Pergi ke Kepulauan Sula di Maluku UtaraTuris di Bandara Ternate (Fitraya/detikTravel)


Dari Jakarta, traveler bisa lebih dulu terbang ke Ambon atau Ternate dengan durasi antara 3-4 jam. Hanya saja, jarak akan lebih singkat dari Ternate. Maskapai seperti Lion Air dan Garuda Indonesia punya rute menuju Ambon dan Ternate.

Setibanya di Ternate, traveler bisa melanjutkan perjalanan naik pesawat perintis seperti Susi air dengan durasi perjalanan sekitar 1 jam menuju Ibukota kabupaten Kepulauan Sula di Sanana. Kalau dari Ambon ke Sanana, waktunya sekitar 1,5 jam perjalanan. Booking tiket pesawatnya pun harus dari jauh hari karena keterbatasan jumlah armada pesawat.

Namun lain halnya jika menggunakan kapal laut, traveler dituntut harus lebih sabar. Dari Pelabuhan A Yani di Ternate ke Sanana, dibutuhkan waktu sekitar 14-15 jam perjalanan laut. Kalau dari Ambon sekitar 12 jam. Hanya perlu diingat, kapal menuju Kepulauan Sula hanya ada 2-3 kali per minggunya.

Bandara Sultan Hasanuddin Makassar (Muhammad Bakri/detikTravel)Bandara Sultan Hasanuddin Makassar (Muhammad Bakri/detikTravel)


Tepat malam kemarin (12/4) pukul 23.45 WIB, detikTravel terbang dari Bandara Soekarno Hatta menuju Ambon via Makassar dan tiba pukul 06.40 WIT. Dari Ambon, perjalanan akan dilanjutkan naik pesawat perintis Susi Air menuju Sanana di Kepulauan Sula dengan lama durasi perjalanan sekitar 1,5 jam.

Bagi traveler yang berencana untuk liburan ke Kepulauan Sula, tentunya disarankan untuk datang pada akhir pekan ini. Alasannya, akan hadir Festival Maksaira 2018 yang akan diselenggarakan di Pantai Pengeringan pada hari Minggu, 15 April 2018.

Traveler pun bisa langsung melihat pemecahan rekor MURI memancing ikan kerapu peserta terbanyak 2018. Belum lagi hiburan dari 3 Srigala dan Jenita Janet yang akan hadir. Yuk ke Kepulauan Sula! (sna/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA