Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 13 Apr 2018 16:10 WIB

TRAVEL NEWS

Jokowi, Pembangunan dan Kekayaan Indonesia

Afif Farhan
detikTravel
Presiden Jokowi meninjau pembangunan Jembatan Holtekamp di Jayapura (Laily Rachev/Biro Pers Setpres)
Presiden Jokowi meninjau pembangunan Jembatan Holtekamp di Jayapura (Laily Rachev/Biro Pers Setpres)
Jakarta - Lewat video di Instagram, Presiden Jokowi menegaskan pentingnya pembangunan. Pembangunan infrastruktur, yang juga begitu penting bagi kekayaan Indonesia.

Selama kunjungan ke Jayapura, Papua baru-baru ini, Presiden Jokowi memposting berbagai hal di Instagram pirbadinya. Ada postingan tentang senyum anak Papua sampai foto-foto peninjauan Jembatan Holtekamp di Jayapura.

Dilihat detikTravel dari Instagram @jokowi, Jumat (13/4/2018) postingan terbarunya adalah video yang menunjukan Jembatan Holtekamp. Sekaligus, Jokowi menjelaskan tentang hubungan kekayaan alam dan budaya Indonesia dengan pembangunan.

"Tanah air kita, terbentang luas dari Barat ke Timur. Berjajar puluhan ribu pulau yang dipersatukan lautan, dengan keindahan alam, kekayaan alam, dan keragaman budaya yang menakjubkan. Dengan kondisi geografis yang sangat menantang, negara sedang berjuang dan akan terus berjuang, agar pemerataan pembangunan bisa terlaksana dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas hingga Pulau Rote. Sebuah tugas yang besar dan menantang tapi keadilan sosial adalah sebuah panggilan, adalah kewajiban yang harus dihadirkan negara. Saya berada di sini, di tanah Papua. Mari kita menyingsingkan lengan bersama. Karena Papua adalah Indonesia. Karena kita adalah satu saudara. Matahari selalu terbit dari Timur dan Papua adalah cahaya di timur Indonesia," begitu tulisannya.

Tanah air kita, terbentang luas dari Barat ke Timur. Berjajar puluhan ribu pulau yang dipersatukan lautan, dengan keindahan alam, kekayaan alam, dan keragaman budaya yang menakjubkan. Dengan kondisi geografis yang sangat menantang, negara sedang berjuang dan akan terus berjuang, agar pemerataan pembangunan bisa terlaksana dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas hingga Pulau Rote. Sebuah tugas yang besar dan menantang tapi keadilan sosial adalah sebuah panggilan, adalah kewajiban yang harus dihadirkan negara. Saya berada di sini, di tanah Papua. Mari kita menyingsingkan lengan bersama. Karena Papua adalah Indonesia. Karena kita adalah satu saudara. Matahari selalu terbit dari Timur dan Papua adalah cahaya di timur Indonesia. Video: Biro Pers Setpres

A post shared by Joko Widodo (@jokowi) on Apr 12, 2018 at 5:10am PDT



BACA JUGA: Jembatan dan Harapan Jokowi untuk Pariwisata Papua

Meski tidak dijelaskan secara rinci, perkataan Jokowi tersbeut menyiratkan satu hal penting. Pembangunan infrastruktur, tidak hanya bisa dinikmati oleh masyarakat di tempat itu sendiri untuk sehari-hari. Fungsinya juga dapat memajukan pariwisata di daerah tersebut.

Pembangunan infrastruktur akan lebih memudahkan wisatawan untuk menjelajahi suatu daerah. Jembatan Holtekamp misalnya yang ditargetkan rampung pada akhir tahun 2018, bakal membuat jarak tempuh dari Kota Jayapura ke Skouw dari biasanya 2,5 jam menjadi 1 jam.

Skouw merupakan titik perbatasan antara Indonesia dan Papua Nugini. Sejatinya, tempat ini sudah menjadi destinasi wisata bagi orang-orang yang mau merasakan suasana perbatasan negara dan melihat penduduk Papua Nugini lebih dekat.

Tentu, pariwisata akan menjadi ladang pemasukan tambahan bagi masyarakat. Pembangunan punya peran penting untuk segala aspek, sekali lagi juga penting untuk aspek pariwisata.

BACA JUGA: Motor Listrik yang Dipakai Jokowi Cuma Ada di Papua, Ini Alasannya (aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Sebuah Ngambek yang Indah

Minggu, 09 Des 2018 22:55 WIB

Keindahan alam Indonesia memang tidak ada habisnya untuk diceritakan. Salah satunya yang mungkin jarang terdengar dan namanya pun unik, air terjun Ngambek.