Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 23 Apr 2018 15:15 WIB

TRAVEL NEWS

Taman Nasional Komodo Mau Batasi Para Penyelam

Afif Farhan
Redaksi Travel
Lanskap pantai di Pulau Komodo (Ady Candra/dtraveler)
Lanskap pantai di Pulau Komodo (Ady Candra/d'traveler)
Jakarta - Demi menjaga ekosistem bawah laut, Taman Nasional Komodo akan memberlakukan beberapa cara. Salah satunya membatasi para penyelam.

"Kini terdapat 11 titik selam di Pulau Komodo yang sudah teridentifikasi. Kalau jumlah titik selamnya sendiri ada 42 spot, cukup banyak," ujar Kepala Balai Taman Nasional Komodo Budhy Kurniawan kepada detikTravel, Senin (23/4/2018).

Sebelumnya, Budhy memberikan tanggapan terkait pemberitaan media Inggris, The Guardian yang menulis bawah laut Pulau Komodo pelan-pelan rusak. Sebenarnya, Taman Nasional Komodo sudah memiliki cara agar menjaga ekosistem dunia bawah lautnya.

BACA JUGA: Pulau Komodo: Dipuji Media Australia, Disoroti Media Inggris

"Sekarang kita sedang menyusun carrying capacity dan zonasi. Jadi begini, misalnya nanti ada aturan kalau di satu titik selam A maksimal boleh diselami berapa orang," jelas Budhy.

"Itu demi menjaga bawah lautnya biar tidak rusak karena banyak yang menyelam dan sebagainya," tambahnya.

Wisata selam memang digemari oleh para turis baik domestik dan internasional yang datang ke Pulau Komodo. Terang saja, dunia bawah lautnya masih sangat menggoda.

"60 Persen pengunjung yang datang ke sini untuk menyelam. Keindahan bawah lautnya memang luar biasa," terang Budhy.

"Kami terus melakukan pengelolaan dan penataan di Taman Nasional Komodo. Kita punya keterbatasan, tapi kita terus berusaha," tutupnya. (aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED