Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 26 Apr 2018 16:50 WIB

TRAVEL NEWS

Bawah Laut Pulau Komodo Tidak Seperti yang Diberitakan Media Inggris

Afif Farhan
Redaksi Travel
Bawah laut Pulau Komodo terkini (dok Istimewa/Taman Nasional Komodo/Genpi/Kemenpar)
Bawah laut Pulau Komodo terkini (dok Istimewa/Taman Nasional Komodo/Genpi/Kemenpar)
Jakarta - Pihak Taman Nasional Komodo bersama Kementerian Pariwisata bergerak cepat untuk mengecek bawah laut Pulau Komodo yang katanya rusak. Apa hasilnya?

Pekan lalu The Guardian menerbitkan tulisan 'Destroying the world's natural heritage: 'Komodo is reaching a tipping point'. Berisikan, bawah laut Pulau Komodo di Taman Nasional Pulau Komodo, NTT pelan-pelan hancur.

Hal itu diakibatkan oleh penangkapan ilegal dan tidak adanya pariwisata berkelanjutan. Itu menurut pengakuan dari salah satu operator selam, Ed Statham.

"Itu penangkapan ilegal, penambatan di tempat selam dan mengincar ikan hiu. Itu terjadi dalam skala besar. Jika terus seperti ini, Pulau Komodo akan mencapai titik kritis dalam beberapa tahun ke depan," katanya.

Screenshot The GuardianScreenshot The Guardian


Pihak Taman Nasional Komodo dan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) bergerak mengecek bawah laut Pulau Komodo. Sejak Rabu (25/4) sampai hari ini, Kamis (26/4) bersama beberapa operator selam juga, mereka semua mengecek titik-titik selam di Pulau Komodo.

"Spot diving di Pulau Komodo tidak seperti yang dilaporkan The Guardian," kata Kepala Balai Taman Nasional Komodo Budhy Kurniawan saat dihubungi detikTravel, Kamis (26/4/2018).

Bawah Laut Pulau Komodo tidak mengalami kerusakanBawah Laut Pulau Komodo tidak mengalami kerusakan (dok Istimewa/Taman Nasional Komodo/Genpi/Kemenpar)


"Semuanya clear, habitatnya terjaga, terumbu karang dan ikan-ikannya variatif dan hidup," tegas Budhy.

BACA JUGA: Tanggapan Taman Nasional Komodo Pada Pemberitaan Media Inggris

detikTravel mendapat foto-foto yang dikirim oleh pihak Taman Nasional Komodo. Terlihat bawah laut Pulau Komodo yang jernih nan berwarna-warni dari ikan sampai terumbu karangnya.

"Semuanya baik-baik saja," tutup Budhy.

Bawah Laut Pulau Komodo Tidak Seperti yang Diberitakan Media Inggris(dok Istimewa/Taman Nasional Komodo/Genpi/Kemenpar)


(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED