Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 22 Jun 2018 21:50 WIB

TRAVEL NEWS

Penampakan Kursi Kelas Ekonomi Penerbangan Terlama di Dunia

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Kursi ekonomi premium Singapore Airlines penerbangan ULR (Cynthia Drescher/CNN Travel)
Kursi ekonomi premium Singapore Airlines penerbangan ULR (Cynthia Drescher/CNN Travel)
Gainesville - Sebentar lagi akan ada penerbangan terlama di dunia. Penerbangan ini ada kelas ekonomi dan bagaimana rupa kursinya?

Melansir CNN Travel, Jumat (22/6/2018), sejumlah penumpang telah memesan penerbangan terlama di dunia itu. Jarak yang akan ditempuh pesawat sejauh 9.000 mil antara Singapura dan Newark, New Jersey selama 19 jam non stop.

Penerbangan ini akan dimulai bulan Oktober. Oleh karena itu, traveler tak perlu khawatir merasakan sindrom pantat mati rasa karena para ahli telah menciptakan tempat duduk yang nyaman.

Penerbangan jarak jauh itu dioperasikan oleh Singapore Airlines Airbus A350-900 ULR (akronim Ultra Long Range). Traveler di rute ini hanya memiliki 2 pilihan kelas, yakni premium untuk kabin kelas bisnis 67 tempat duduk, atau kabin kelas ekonomi 94 kursi yang begitu bagus serupa kelas bisnis.

Suasana di dalam pabrik kursi pesawat Zodiac itu ada di Gainesville, Texas (Cynthia Drescher/CNN Travel)Suasana di dalam pabrik kursi pesawat Zodiac itu ada di Gainesville, Texas (Cynthia Drescher/CNN Travel)


Adalah Zodiac Aerospace yang menjadi produsen kursi untuk penerbangan ini. Semuanya sudah disesuaikan untuk perjalanan jarak jauhnya.

Pabrik kursi pesawat Zodiac itu ada di Gainesville, Texas. Kerja terampil mereka yang mengubah bahan mentah, seperti kulit dan lembaran aluminium kemudian dikemas rapi menjadi sebuah kursi.

Singapore Airlines sendiri telah menerbangkan kabin yang sama sejak 2015. Namun untuk rute yang sangat panjang ini harus dikombinasikan dengan tata ruang yang unik dan luas, juga mengharuskan beberapa pembaruan, termasuk menggeser kantong kursi belakang agar lebih tinggi yang memberi ruang lebih untuk lutut.

Model kursinya dibikin baru seperti singgasana tunggal dengan tempat penyimpanannya ada di samping yang menggantikan dudukan bangku. Ada enam kursi solo yang terletak di bagian belakang kabin Premium Economy.

Suasana di dalam pabrik kursi pesawat Zodiac itu ada di Gainesville, Texas (Cynthia Drescher/CNN Travel)Suasana di dalam pabrik kursi pesawat Zodiac itu ada di Gainesville, Texas (Cynthia Drescher/CNN Travel)


Tata letaknya mulai dari 2-4-2 hingga 1-4-1. Karena penataan ini berimbas pada pemesanannya yang membludak.

BACA JUGA: 10 Maskapai Termurah Dunia 2018, 3 dari Indonesia

Saat uji coba kenyamanan dipilih orang-orang dari berbagai jenis kelamin, rasio, berat, dan tinggi yang berbeda-beda. Mereka akan duduk di kursi-kursi itu selama lebih dari delapan jam.

Setiap inci kursi penerbangan jarak jauh ini telah dipertimbangkan. Untuk kursi Premium Ekonomi ada ruang 38 inci untuk meregangkan kaki.

Rangka kursi pesawat single (Cynthia Drescher/CNN Travel)Rangka kursi pesawat single (Cynthia Drescher/CNN Travel)


Selain itu ada pula fasilitas meliputi sandaran kaki, nampan koktail, lampu baca di atas bahu, sandaran kepala bersayap yang dapat disetel, layar hiburan 13,3 inci, dua port USB dan satu stop kontak AC universal.

Ada juga fasilitas headphone peredam kebisingan, bantal dan selimut, 1.400 pilihan hiburan berdasarkan permintaan, perlengkapan kenyamanan, air minera botol, sampanye dan minuman gratis. Kursinya dilengkapi pula kemampuan untuk memesan makanan seperti seafood atau nasi lemak Singapura yang sebelumnya hanya ada di kelas Bisnis dan Kelas-satu.

Selaku operator, Singapore Airlines telah mengevaluasi kursi yang akan dipakainya. Para tester telah diinstruksikan untuk berbaring juga gerakan yang berbeda untuk mengetahui tingkat kenyamanannya.

Diumumkan pada awal Juni 2018 lalu bahwa Singapore Airlines membuka penerbangan jarak jauh yang beroperasi tiga kali seminggu dari mulai dari 11 Oktober menggunakan Airbus A350-900. Tiket yang sudah dijual seharga USD 1.500 untuk PP di kelas Ekonomi Premium hingga USD 5.000 untuk Kelas Bisnis.



Tonton juga 'Kocak! Tweet Jenaka Atlanta Airport Soal Penerbangan ke Wakanda':

[Gambas:Video 20detik]

(msl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED