Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 28 Jul 2018 18:20 WIB

TRAVEL NEWS

Kekayaan Budaya Nusantara Dipamerkan di Cianjur

Foto: Ilustrasi festival budaya
Jakarta - Dalam rangka memeriahkan HUT ke-341, Kabupaten Cianjur menggelar festival akbar bertajuk 70 Ribu Detik Cianjur Jago Festival. Ragam aktivitas budaya yang mengusung kebesaran Nusantara dipamerkan di festival ini.

"70 Ribu Detik Cianjur Jago Festival memang event spektakuler. Festival ini akan jadi fenomena budaya. Sebab, melibatkan seluruh daerah di Indonesia. Agendanya juga digelar sangat padat. Pokoknya ini luar biasa dan jangan sampai dilewatkan," ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (28/7/2018).




70 Ribu Detik Cianjur Jago Festival yang telah digelar Sabtu (18/8/2018) lalu di Lapangan Prawatasari Cianjur mengusung tema 'Semarak Budaya Bhinneka Tunggal Ika'. Adapun ragam acara yang disajikan antara lain Karnaval Budaya Nusantara, Aktivitas 7 Pangung Budaya, hingga Konser Kemerdekaan yang dimeriahkan oleh Padi Reborn.

Kegiatan Karnaval Budaya Nusantara menampilkan warna warni pluralisme yang melibatkan peserta perwakilan dari 34 provinsi di Indonesia. Peserta yang berasal dari beragam latar belakang menampilkan kostum dan potensi daerahnya masing-masing. Karnaval ini mengambil start di kawasan Jalan Perintis Kemerdekaan dan finis di Jalan Siliwangi.

"Event 70 Ribu Detik Cianjur Jago Festival ini digelar kolosal. Keindahan Nusantara ditampilkan seluruhnya. Kekayaan ini tentu semakin menyempurnakan pesona festival ini," kata Arief.



Sementara Deputi Bidang Pemasaran I Kemenpar I Gde Pitana mengungkapkan bahwa apa yang dilakukan Kabupaten Cianjur luar biasa.

"Selain Nusantara, mereka juga memberikan warna kearifan lokal Cianjur yang kental. Agenda 70 Ribu Detik Cianjur Jago Festival ini tentu memberikan experience yang berbeda," jelasnya.

Sementara Kepala Bidang Pemasaran Area I Kemenpar Wawan Gunawan mengatakan festival ini menarik kunjungan wisatawan. Sebab, parade seni budaya digelar sangat meriah. Ada tujuh panggung yang dibangun dengan nama unik khas Cianjur, seperti Ngaos, Mamaos, Tangginas, Someah, hingga Sauyunan.

70 Ribu Detik Cianjur Jago Festival makin meriah ketika Gita (DA3), Denias, Imenk (Mahkota), Iman (D'Meises), dan Nova (The Winner), hingga Padi Reborn menampilkan aksi terbaiknya di Panggung Kemerdekaan.

"Musik-musik yang disajikan penuh warna, bahkan ada juga lagu-lagu perjuangan. Semua aransemen yang disajikan pasti lebih menarik. Event 70 Ribu Detik Cianjur Jago Festival ini pasti akan meninggalkan kesan, apalagi band Padi Reborn diplot sebagai penutupnya," kata Wawan.


Tonton juga video: 'Libur Lebaran Ribuan Pengunjung Ramaikan Lokasi Wisata di Cianjur'

[Gambas:Video 20detik]

(mul/mpr)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA