Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 31 Jul 2018 18:55 WIB

TRAVEL NEWS

Menpar: Dampak Gempa Lombok 10 Persen dari Kunjungan Turis

Usman Hadi
detikTravel
Foto: Menpar Arief Yahya (Bonauli/detikTravel)
Gunungkidul - Menteri Pariwisata Arief Yahya mengakui jumlah kunjungan turis di Lombok, NTB menurun karena bencana gempa kemarin. Pengaruhnya sekitar 10 persen.

"Ini (gempa) semoga sudah selesai sekarang, jadi mungkin sekitar 10 persen impact-nya," kata Arief seusai dialog nasional ke-18 'Indonesia Maju' di GOR Siyono Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Selasa (31/7/2018).

Arief menuturkan, impact gempa di Lombok terhadap kunjungan wisatawan berbeda dengan bencana erupsi di Gunung Agung Bali. Sebab, erupsi Gunung Agung Bali berlangsung lama sehingga impactnya lebih besar.

"Gunung Agung itu impactnya kita kehilangan satu juta (turis). Namun karena ini Lombok tentu besarnya tidak sebesar Bali. Jadi perbandingan Lombok sama Bali itu kurang lebih 5 dibanding 1, Bali sekitar 5 juta, Lombok sekitar 1 juta," ungkapnya.

Meski demikian, lanjut Arief, sejumlah fasilitas seperti bandara dan hotel di Nusa Tenggara Barat tetap beroperasi. Sementara Kemenpar juga telah menyiapkan mitigation plan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Untuk Kemenpar, satu, kalau terjadi bencana kita harus serta serta atau sesegera mungkin mengumumkan bahwa di destinasi itu terjadi bencana. Yang kedua, kita harus memberikan pelayanan darurat kepada yang terkena, dan itu kita lakukan," ujarnya.

"Ketiga, memberi kepastian. Ini namanya mitigation plan, seandainya terjadi lagi harus seperti apa," pungkas dia. (sna/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA