Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 06 Agu 2018 19:30 WIB

TRAVEL NEWS

Festival Teluk Humbold 2018 Diadakan di Atas Jembatan Ring Road

Wilpret Siagian
Redaksi Travel
Perhelatan Festival Teluk Humbold 2018 di Jayapura (Wilpret/detikTravel)
Perhelatan Festival Teluk Humbold 2018 di Jayapura (Wilpret/detikTravel)
Jayapura - Ada yang tak biasa pada perayaan Festival Teluk Humbold di Jayapura tahun ini. Venuenya di adakan di atas jembatan ring road.

Jalan ring road sepanjang 2,7 km menjadi lokasi pelaksaan Festival Teluk Humbold, kota Jayapura. Hal itu dilakukan sebagai teguran kepada pemerintah provinsi atas pembangunan ring road yang 7 tahun tak kunjung usai.

"Walikota Jayapura mengadakan Festival Teluk Humbolt di jembatan ring road merupakan teguran kepada Gubernur Provinsi Papua, karena jembatan ring road dibangun sejak 7 tahun lalu, namun sampai saat ini belum kunjung selesai, apa penyebabnya kami tidak tahu," ujar Ketua Lembaga Masyarakat Adat Fort Numbay, George Awi usai pembukaan Festival Teluk Humbold di Kota Jayapura, Minggu (5/2018) malam.

Teluk Humbold berada di kawasan wisata Pantai Hamadi, Kota Jayapura. Di mana terdapat bangunan ring road yang merupakan jalan penghubung Jembatan Teluk Youtefa - Pantai Hamadi - Abepuran sekaligus menjadi lokasi wisata di kota Jayapura.

Kemeriahan festival (Wilpret/detikTravel)Kemeriahan festival (Wilpret/detikTravel)
Teluk Humbolt yang berada di ibu kota rovinsi Papua itu didiami oleh suku port numbay yang terdiri dari 14 kampung dengan 10 ondoafi yang merupakan masyarakat asli Port Numbai.

Selain itu berbagai suku di Indonesia berada di daerah menjadi kekayaan keragaman bahasa dan budaya yang menjadi aset potensi pariwisata yang perlu dibina dan dilestarikan.

"Festival Teluk Humbold yang mengambil tema Beat of Culture merupakan ajang untuk mempromosikan potensi wisata yang ada di kota Jayapura," kata Walikota Jayapura, Benhur Tomi Mano.

Dia mengatakan, Kota Jayapura memiliki potensi pariwisata yang cukup mempesona. Potensi tersebut meliputi keindahan alam, keunikan seni dan budaya sejarah serta kehidupan masyarakat aslinya.

"Tidak saja masyarakat aksi, di kota Jayapura juga terdapat berbagai suku yang ada di Indonesia yang menjadikan kota Jayapura menjadi Melting Pot atau tempat berbaurnya berbagai suku, budaya dan aset," katanya.

Festival Teluk Humbold dilaksanakan setiap tahun sejak 2009 lalu, sebagai ajang pembinaan sekaligus sebagai event pariwisata lokal untuk mempromosikan potensi wisata kota Jayapura kepada masyarakat luas. Sekaligus untuk memeriahkan hari kemerdekaan Republik Indonesia setiap tahunnya. (sym/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED