Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 07 Agu 2018 23:40 WIB

TRAVEL NEWS

Hal-hal Sederhana Untuk Keselamatan Diri di Pesawat

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Pramugari saat memeragakan demo keselamatan (Thinkstock)
Pramugari saat memeragakan demo keselamatan (Thinkstock)
Jakarta - Tahukah kamu, ada beberapa benda-benda atau hal sederhana yang berguna untuk keselamatan di dalam pesawat. Apa saja?

Salah satu bayangan mengerikan bagi penumpang pesawat adalah mengalami kecelakaan. Namun, ada beberapa benda-benda atau hal kecil yang berguna untuk keselamatan.

Melansir CNN Travel, Selasa (7/8/2018), ada beberapa hal sederhana yang dapat meningkatkan peluang selamat dari sebuah kecelakaan pesawat. Hal ini diungkapkan oleh analis transportasi, Mary Schiavo.

Pesawat modern, kata Schiavo dirancang bagi penumpang untuk dapat mengevakuasi dalam waktu 90 detik. Oleh karena itu, penumpang yang pintar akan mampu mengevakuasi dirinya dalam waktu singkat karena pakaian yang dikenakan.

1. Mengenakan sepatu dalam penerbangan

Traveler pasti merasa cukup nyaman jika masuk pesawat dan melepas sepatu setelah duduk. Namun, Schiavo menyarankan agar Anda terus menggunakannya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan harus berlari keluar pesawat.

Schiavo merujuk pada traveler yang selamat pada penerbangan Aeromexico 2431 yang jatuh pada bulan Juli lalu di Meksiko. Pesawat ini mengangkut 103 penumpang di dalamnya.

Semua orang selamat dari kecelakaan itu, tetapi dia mencatat bahwa penumpang pesawat harus berjalan melewati medan yang cukup berat setelah mereka turun dari pesawat.

2. Kenakan celana dan baju yang nyaman

Kenakan pakaian yang menutupi lengan dan kaki Anda. Schiavo mengatakan pakaian ini akan melindungi dari luka bakar, goresan, dan lecet.

"Ketika lengan dan kaki Anda tertutup, Anda memiliki lapisan perlindungan jika ada sesuatu yang dapat membahayakan Anda," katanya.

"Selalu pakai sesuatu yang menutupi lengan dan kaki Anda karena Anda tidak pernah tahu kapan Anda mungkin harus menyelamatkan teman duduk Anda," imbuh dia.

BACA JUGA: 3 Tempat Paling Banyak Bakteri di Pesawat, Bisa Tebak?

3. Jangan mabuk

Mabuk dalam penerbangan adalah hal yang sia-sia dan tidak keren. Selama evakuasi darurat, pemabuk malah bikin evakuasi menjadi lebih sulit.

"Orang yang mabuk itu bukan hanya membahayakan diri sendiri, tetapi dia juga membahayakan orang lain," kata Schiavo.

4. Ketahui jalan keluarnya

Hal pertama yang harus penumpang ketahui ketika naik pesawat, bahkan sebelum duduk di kursinya, adalah tahu jalan keluar. Penumpang Aeromexico 2431 tahu di mana cahaya darurat saat kecelakaan.

Schiavo menyebut bahwa industri penerbangan saat ini telah membuat banyak perubahan. Perubahan itu termasuk mengganti kain dan bantalan di kursi pesawat dengan bahan yang lebih tahan api.





Tonton juga 'Inovasi Baru: Perbaiki Mesin Pesawat dengan Robot Kecoak':

[Gambas:Video 20detik]



Hal-hal Sederhana Untuk Keselamatan Diri di Pesawat
(msl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED