Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 16 Agu 2018 11:50 WIB

TRAVEL NEWS

Merapat! Ada Napak Tilas Proklamasi & Pawai di Gedung Joang 45

Johanes Randy Prakoso
Redaksi Travel
Gedung Joang 45 (@museumkesejarahan/Instagram)
Gedung Joang 45 (@museumkesejarahan/Instagram)
Jakarta - Indonesia akan merayakan Hari Kemerdekaan pada 17 Agustus besok. Untuk menyambutnya, siang ini akan ada acara napak tilas dan pawai di Gedung Joang 45.

Sejarah mencatat proklamasi kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945 silam. Saat itu, Soekarno bersama Moh Hatta memproklamirkannya di Jalan Pegangsaan Timur 56, Jakarta Pusat.

Di hadapan masyarakat dan para bapak bangsa lainnya, kemerdekaan Indonesia disahkan atas nama bangsa Indonesia. Disusul akan kibar Bendera Merah Putih dan lagu Indonesia Raya yang berkumandang di udara.

Memaknai momen tersebut, tepat siang hari ini akan diselenggarakan acara Napak Tilas Proklamasi yang bertempat di Gedung Joang 45, Jalan Menteng Raya No 31, Jakarta Pusat.

Infonya pun dibenarkan oleh Operator Administrasi Museum Kesejarahan, Afdal saat dihubungi oleh detikTravel, Kamis (16/8/2018).

"Kalau untuk pembukaannya jam 1, nanti ada semacam parade. Sebelumnya sudah ada lomba-lomba yel-yel di sini yang diikuti oleh sekolah-sekolah dari SD, SMP, SMU," terang Afdal.

Dilanjutkan oleh Afdal, kegiatan Napak Tilas Proklamasi ini merupakan acara rutin yang telah diselenggarakan sejak tahun 1983. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga dijadwalkan hadir untuk melakukan pelepasan.

"Kita dari tahun 83 sudah melaksanakan acara ini. Dari sini akan dilepas oleh Gubernur menyusuri jalan pas momen proklamasi, dari Gedung Joang kita ke Munaspro dari situ baru ke Tugu Proklamasi," ujar Afdal.

Khusus untuk acara hari ini, pihak pengelola Gedung Joang telah mengeluarkan mobil Dinas Presiden RI Pertama, Soekarno untuk acara pawai. Selain itu juga akan ada pawai bendera negara peserta Asian Games 2018.

"Mobil itu akan berada di depan, diikuti parade marching band," ujar Afdal.

Siapa saja diperbolehkan untuk datang melihat acara napak tilas. Tak dipungut biaya sama sekali alias gratis.

"Datang saja langsung, free!" tutup Afdal. (rdy/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED