Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 17 Agu 2018 16:24 WIB

TRAVEL NEWS

Festival Layang-layang Merah Putih Ramaikan Puncak Gunung Prau

Uje Hartono
detikTravel
Bermain layang-layang Merah Putih saat HUT RI di Gunung Prau (Uje/detikTravel)
Bermain layang-layang Merah Putih saat HUT RI di Gunung Prau (Uje/detikTravel)
Wonosobo - HUT ke-73 Kemerdekaan RI dirayakan berbeda di puncak Gunung Prau. Semua orang bermain layang-layang seperti Bendera Merah Putih. Seru!

Langit di puncak Gunung Prau, Wonososobo, pada Jumat (17/8/2018) tampak berbeda dari hari-hari biasanya. Langit biru yang terlihat cerah ini diwarnai layang-layang berwarna seperti Bendera Merah Putih.


Tidak kurang dari 1.000 layang-layang diterbangkan serentak oleh para pendaki. Meski tidak semua berjalan mulus dalam menerbangkan layang-layang, namun hal itu justru menambah ramai festival layang-layang tersebut.

Bahkan tidak sedikit para pendaki yang rela jatuh bangun agar layang-layang miliknya bisa terbang seperti layang-layang lainnya. Salah satunya dilakukan Dewi Hesti.

Festival Layang-layang Merah Putih Ramaikan Puncak Gunung PrauPara pendaki siap menerbangkan layangan (Uje/detikTravel)
Pendaki asal Kendal ini mengaku sedikit kesulitan untuk menerbangkan layang-layang. Padahal, di puncak gunung angin terasa lebih kencang.

"Sampai lari-lari tapi susah terbangnya. Akhirnya terbang juga setelah dibantu teman," katanya di sela-sela festival layang-layang di Gunung Prau.


Keseruan juga terasa saat layang-layang saling bertabrakan ketika di udara. Para pendaki ini kemudian berlarian untuk menghindari layang-layang milik pendaki lainnya.

Ketua panitia festival layang-layang Edi Hanafian mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan 1.000 layang-layang Merah Putih untuk dibagikan kepada pada pendaki. Menurutnya, festival layang-layang di puncak gunung baru pertama dilakukan di Gunung Prau https://www.detik.com/tag/gunung/.

Festival Layang-layang Merah Putih Ramaikan Puncak Gunung PrauAsyiknya bermain layangan Merah Putih di Gunung Prau (Uje/detikTravel)
"Festival layang-layang ini untuk membedakan Gunung Prau dengan gunung-gunung lainnya karena ini baru pertama," kata dia.

Biasanya HUT Kemerdekaan di puncak gunung dirayakan dengan upacara bendera saja. Dengan adanya festival ini pendaki tidak hanya melihat pemandangan alam namun juga langit yang dihiasi dengan layang-layang.

"Ini dimaksudkan untuk menarik para pendaki untuk datang ke Prau," ujarnya. (fay/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED