Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 17 Sep 2018 07:20 WIB

TRAVEL NEWS

Menko Kemaritiman Sorot 3 Persoalan di Gili Trawangan

Harianto Nukman
detikTravel
Kondisi terkini Gili Trawangan di Lombok, NTB (Harianto Nukman/detikTravel)
Lombok Utara - Menko Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan memuji keindahan Gili Trawangan. Namun ada tiga hal yang menjadi catatannya pasca gempa, apa saja?

"Ada tiga hal yang saya lihat di pulau ini. Pulau ini luar biasa. Saya ndak bayangkan bahwa pulau ini bisa menarik turis yang begitu hebat," ungkap Luhut ketika hadir dalam kegiatan Rapat Koordinasi Percepatan Normalisasi Pariwisata Pasca Bencana Gempa Lombok yang diadakan di Gili Trawangan, Minggu (16/9/2018).

Luhut sempat menyorot tiga hal yang ditemuinya di Gili Trawangan dan segera perlu mendapat perhatian agar bisa ditangani secara koordinasi yang terpadu. Pertama mengenai pembuangan sampah. Menurut dia, kapasitas luas lahan tempat pembuangan sampah di Trawangan kurang memadai.

Jumlah 10 hingga 15 ton sampah per hari di Trawangan perlu diatur mekanisme pembuangan dan sistem pengumpulan sampah yang baik. Luhut menilai, jika Trawangan kotor, maka tentu turis mancanegara akan enggan untuk datang.


Masalah kebersihan dan luas badan jalan juga menjadi sorotannya. Namun demikian ia memuji jenis kendaraan andong atau cidomo sebagai kendaraan utama di pulau ini untuk menjaga agar polusi udara di Trawangan tetap terjaga kebersihannya.

Persoalan ketiga yang disorot Luhut mengenai jetty atau pangkalan pelabuhan kecil untuk penumpang boat yang hilir mudik ke gili dianggapnya kurang memadai.

"Seribu lima ratus turis yang datang kemari, revenue negara cukup besar, masa kita tidak bisa bikin jetty yang benar," katanya.

Luhut berharap agar tiga persoalan tersebut dapat ditangani dengan segera. Peran pemda Lombok juga diminta bisa berkoordinasi dengan baik supaya penanganan yang dilakukan terpadu. Ia berharap bulan November ke depan sudah bisa mulai dikerjakan perbaikannya.



Saksikan juga video 'Usai Dihantam Gempa, Gili Trawangan Porak-peranda':

[Gambas:Video 20detik]

(fay/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
DRooftalk
×
Lebaran Dilarang Mudik
Lebaran Dilarang Mudik Selengkapnya