Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 22 Sep 2018 19:20 WIB

TRAVEL NEWS

Jokowi: Patung Garuda Wisnu Kencana Mahakarya Anak Bangsa

Aditya Mardiastuti
detikTravel
Presiden Jokowi meresmikan Patung GWK di Bali. (Aditya Mardiastuti/Travel)
Presiden Jokowi meresmikan Patung GWK di Bali. (Aditya Mardiastuti/Travel)
Badung - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) di Bali. Dia menyebutnya sebagai mahakarya anak bangsa.

"Pada malam yang indah ini saya sangat senang bisa hadir bersama bapak-ibu saudara sekalian menyaksikan mahakarya anak bangsa patung Garuda Wisnu Kencana. Saya sebut mahakarya karena patung GWK salah satu patung tembaga terbesar di dunia! Patung GWK tertinggi ketiga di dunia, saya tadi diberikan penjelasan bahwa patung ini lebih tinggi dari Liberty di Amerika Serikat," kata Jokowi dalam sambutannya di area Garuda Wisnu Kencana Cultural Park, Jl Raya Uluwatu, Ungasan, Kabupaten Badung, Bali, Sabtu (22/9/2018).

Jokowi mengaku bangga dengan tuntasnya pembangunan patung GWK yang telah dinanti selama 28 tahun tersebut. Dia menyebut patung GWK merupakan bukti bahwa Indonesia merupakan bangsa yang besar dan berbudaya.

"Selesainya mahakarya ini bukan hanya membanggakan masyarakat Bali tapi juga bangsa Indonesia. Ini membuktikan kita bangsa besar bukan hanya mewarisi karya masa lalu seperti Candi Borobudur, Candi Prambanan tapi di era kekinian bangsa kita bisa melahirkan karya mahakarya yang baru yang diakui dan dikagumi dunia," tuturnya.

Jokowi juga memuji keberanian untuk menggagas pembangunan patung tertinggi ketiga di dunia tersebut. Apalagi pembangunan itu juga dikolaborasi dengan perkembangan teknologi. GWK Cultural Park dikelola oleh pengembang Alam Sutera.

"Di era keberanian kemajuan teknologi pengembangan seni budaya harus dipadukan dengan teknologi, bahwa Patung GWK yang dirancang Nyoman Nuarta juga memadukan karya seni bangsa kita, terutama budaya bali dengan riset, ilmu pengetahuan, dengan ilmu baru sehingga Patung GKW itu akan mampu bertahan kurang lebih 100 tahun. Saya yakin 100 tahun Patung GWK akan tetap jadi karya yang dibicarakan bangsa generasi Indonesia," pungkasnya. (bnl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED