Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 03 Okt 2018 17:20 WIB

TRAVEL NEWS

Tari Cakalele Ramaikan Pawai Bendera Merah Putih di Ambon

Muslimin Abbas
detikTravel
Arak-arakan Pawai Merah Putih di Ambon (Muslimin Abbas/detikTravel)
Arak-arakan Pawai Merah Putih di Ambon (Muslimin Abbas/detikTravel)
Ambon -
Jalan-jalan di Ambon hari ini, ada yang seru untuk dilihat wisatawan. Ada arak-arakan Pawai Kirab Bendera Merah Putih yang dimeriahkan Tari Cakalele.

Dalam rangka HUT ke-73 TNI, Tentara Nasional Indonesia (TNI) menggelar Pawai Kirab Bendera (Flag Relay) Merah Putih di beberapa kota di Indonesia, mulai dari Sabang sampai Merauke. Saat ini, bendera Merah Putih telah sampai di Kota Ambon.

Proses penyambutan kedatang Merah Putih ini disambut oleh Tarian Cakalele di depan Gong Perdamaian. Upacara penyambutan dihadiri oleh Panglima Kodam XVI/Pattimura Mayjen TNI Suko Pranoto, Kapolda Maluku Irjen Pol Royke Lumowo, Danlantamal Laksma Antongan Simatupang, Danlanul Kolenel Pnb Antariksa Handono, Walikota Ambon dan lainnya kemudian di Lapangan Merdeka Ambon.

(Muslimin Abbas/detikTravel)(Muslimin Abbas/detikTravel) Foto: undefined


Acara ini juga diramaikan oleh ibu-ibu dari Bhayangkari dan Persit mengelar Tarian Tobela massal. Pembawa Bendera Merah Putih dari Sabang sampai Merauke merupakan para prajurit yang berprastasi yang meraih medali pada perhelatan Asian Games 2018. Setiap daerah didampingi tiga prajurit dari 3 matra bersama dengan eleman masyarakat.

"Kegiatan tersebut menampilkan budaya kearifan lokal yang menunjukan bahwa Indonesia memiliki kekayaan budaya yang beragam. Flag relay sang Merah Putih keliling Indonesia ini selain membangkitkan jiwa nasionalisme juga menunjukan bahwa antara TNI, Polri dan rakyat tidak ada yang terpisahkan karena tentara Indonesia berasal dari rakyat oleh rakyat untuk rakyat," ujar Panglima Kodam XVI/Pattimura Mayjen TNI Suko Pranoto dalam sambutanya, Rabu (3/10/2018).

(Muslimin Abbas/detikTravel)(Muslimin Abbas/detikTravel) Foto: undefined

Selain itu juga, Panglima Kodam XVI/Pattimura Mayjen TNI Suko Pranoto menambahkan kepada masyarakat yang berada di Palu dan Donggala serta di Lombok selalu tabah menghadapi cobaan yang dihadapi.

"Di Palu, Donggala serta di Lombok agar selalu tabah menghadapi cobaan ini dan proses pencarian dan evakuasi korban semoga berjalan dengan baik dan dapat menemukan korban-korban yang belum ditemukan. Serta nanti proses rekontruksi dan rehabilitasi segera dilaksanakan" tambahnya.

(Muslimin Abbas/detikTravel)(Muslimin Abbas/detikTravel) Foto: undefined


Usai selesai acara di Lapangan Mardeka, Bendera Merah Putih selanjut dibawa menggunakan panser hingga menuju di Jembatan Merah Putih (JMP). JMP merupakan jembatan yang penghubung antara Desa Galala ke Desa Poka, yang diresmikan Presiden Joko Widodo.

Tiba di depan JMP, semua pimpinan termasuk 3.000 prajurit berjalan kaki di atas Jembatan Merah Putih sambil mengibarkan Bendera Merah Putih yang diawali dan diakhiri marching band pelajar.

Dalam perjalanan di atas JMP, ratusan spead boat mengibarkan merah Putih dan beraksi di di bawa Jembatan Merah Putih (JMP). Usai dari JMP bendera Merah Putih menuju Bandara Pattimura untuk diterbangkan ke Sorong dan berakhir di Merauke.
(sym/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Azerbaijan Menggoda Turis

Rabu, 14 Nov 2018 12:10 WIB

Azerbaijan jadi salah satu negara dengan perkembangan pariwisata tercepat dunia. Terus genjot pariwisata, Azerbaijan rilis video tentang keindahan alamnya.