Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 09 Okt 2018 14:20 WIB

TRAVEL NEWS

Tabiat Orang Indonesia Booking Hotel, Lama Milih & Last Minute

Kurnia Yustiana
detikTravel
Foto: Zulfi Rahardian, Industry Manager-Travel, Google Indonesia (Kurnia/detikTravel)
Foto: Zulfi Rahardian, Industry Manager-Travel, Google Indonesia (Kurnia/detikTravel)
Jakarta - Setiap mau traveling, penginapan tentunya penting buat dicari. Begini kebiasaan traveler Indonesia saat akan booking hotel.

Riset Google sejak Januari 2017 mengungkap tren penelusuran industri perjalanan di Indonesia. Salah satunya soal booking penginapan.

Rata-rata traveler Indonesia memerlukan waktu sekitar 13 hari untuk memilih akan menginap di mana. Ini termasuk jangka waktu yang panjang bagi para brand hotel untuk menawarkan informasi yang membantu konsumen dalam memilih. Nah, 13 hari ini rupanya masih tergolong singkat dibanding negara lain.

"Kalau di Jepang butuh 22 hari," ujar Zulfi Rahardian, Industry Manager-Travel, Google Indonesia dalam Media Briefing: Trend Digital Traveling Indonesia di Pacific Century Place, Jakarta, Selasa (9/10/2018).

Namun ternyata lebih banyak pula traveler Indonesia yang booking hotel di menit terakhir. Pemesanan baru dilakukan sekitar satu hari sebelum traveling.


Susul Path, Google+ Juga Tutup Usia, tonton videonya di sini:

[Gambas:Video 20detik]



"Kecenderungan masyarakat Indonesia itu menjadi last minute booker. Rata-rata ada 24% orang Indonesia yang book hotelnya 1 hari atau kurang dari tripnya," jelas Zulfi.

Sementara saat puncak musim liburan, jumlahnya menunjukkan peningkatan. Semakin banyak traveler yang melakukan pemesanan hotel last minute.

"Pada saat kita bicara holiday season, ternyata kontribusinya yang last minute itu semakin naik, menjadi 32%," ucapnya. (krn/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED