Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 16 Okt 2018 12:12 WIB

TRAVEL NEWS

Mau Liburan ke Komodo di Akhir Tahun, Ini Pesan Buat Kamu

Afif Farhan
detikTravel
Turis yang sedang berfoto dengan komodo di Pulau Komodo (Afif/detikTravel)
Turis yang sedang berfoto dengan komodo di Pulau Komodo (Afif/detikTravel)
Komodo - Pulau Komodo di Labuan Bajo, NTT sudah jadi destinasi populer buat wisatawan. Apalagi di akhir tahun, kunjungan wisatawan di sana lagi banyak-banyaknya.

Komodo adalah hewan purba yang hanya ada di Indonesia, tepatnya di dalam kawasan Taman Nasional Komodo, Labuan Bajo, NTT. Wisatawan bisa melihat langsung dari dekat dan memotretnya kala berkunjung ke pulau-pulau di sana seperti Pulau Komodo dan Pulau Rinca.

Menurut Kepala Balai Taman Nasional Komodo Budhy Kurniawan kepada detikTravel, akhir tahun biasanya lagi banyak-banyaknya wisatawan yang datang ke Taman Nasional Komodo. Sudah banyak tur operator yang menjual paket wisata ke sana, tinggal sesuaikan dengan selera dan budget perjalanan.

"Di akhir tahun 2017 kemarin, 125 ribu wisatawan mengunjungi Taman Nasional Komodo. Tahun 2018 ini sampai September saja sudah 100 ribu, pasti nanti lebih banyak," katanya kepada detikTravel, Selasa (16/10/2018).

BACA JUGA: Coba Tebak, Panjang Maksimum Komodo Bisa Sampai Berapa Meter?

Banyak wisatawan yang penasaran dengan komodo. Para ranger alias pemandu khsusus di sana yang akan menemani wisatawan saat melihat komodo, bakal menjelaskan banyak informasi si Naga Purba tersebut.

Ranger pun bakal mengarahkan wisatawan untuk berfoto dengan komodo (Afif Farhan/detikTravel)Ranger pun bakal mengarahkan wisatawan untuk berfoto dengan komodo (Afif Farhan/detikTravel)


Budhy hanya berpesan kepada wisatawan, agar menjaga kelestarian alam di dalam kawasan Taman Nasional Komodo. Simpel saja, seperti tidak membuang sampah sembarangan dan tidak membawa apapun saat pulang.

"Komodo sudah jadi destinasi wisata dunia, alamnya indah. Kita semua harus bisa menjaganya, dengan cara patuhi aturan yang berlaku," tegas Budhy.

"Contoh kecil saja, tidak membuang sampah sembarangan. Itu sangat penting," lanjutnya menambahkan.

Komodo, hewan purba yang cuma ada di Indonesia (Afif Farhan/detikTravel)Komodo, hewan purba yang cuma ada di Indonesia (Afif Farhan/detikTravel)


Pihak Taman Nasional Komodo juga sudah berkoordinasi dengan para pelaku wisata, seperti travel agent dan guide. Mereka terus memberikan imbauan tentang apa yang boleh dan tidak boleh wisatawan lakukan di Taman Nasional Komodo.

"Dengan seiiring peningkatan kunjungan, kita melakukan peningkatan pengawasan. Sekarang ada 2 pos baru diaktifkan yakni Pos Padar Selatan dan Pos Gili Lawa. Ada petugas di sana dan harapannya bisa monitoring," terang Budhy.

"Upaya-upaya untuk kesadaran dalam berwisata terus kita tingkatkan. Tentunya kita berharap agar wisatawan yang datang, jadilah wisatawan yang beretika," pungkasnya.





Tonton juga 'Pemandangan Menawan di Puncak Bukit Cinta':

[Gambas:Video 20detik]

(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED