Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 26 Okt 2018 21:45 WIB

TRAVEL NEWS

Kini Traveler Harus Lapor Jika Bawa Obat-obatan ke Dubai

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Ilustrasi obat-obatan (Jefris/detikcom)
Ilustrasi obat-obatan (Jefris/detikcom)
Dubai - Aturan baru diterapkan oleh Kementerian Kesehatan Uni Emirat Arab bagi para traveler yang membawa obat-obatan medis ke Dubai. Kini obat-obatan harus dilaporkan.

Dikumpulkan detikTravel dari berbagai sumber, Jumat (26/10/2018), aturan baru itu berlaku bagi penduduk hingga wisatawan yang berkunjung ke Dubai seperti diberitakan media Daily Mail.

Secara teknis, siapa pun yang membawa obat-obatan medis untuk keperluan pribadi diwajibkan mengantongi izin online yang bisa didapat dengan terlebih dulu mengisi formulir.

Mungkin terdengar sepele, tapi ada sanksi berat bagi siapa pun yang kedapatan membawa obat tanpa izin. Apabila ketahuan, obat-obatan tersebut bisa disita dan pembawanya bisa dijatuhi hukuman penjara. Aturannya berlaku sejak Oktober 2018.

"Perubahan aturan berlaku sejak Oktober 2018, Kementerian Kesehatan UAE mengumumkan persyaratan itu untuk semua turis dan penduduk yang ingin memasuki UAE untuk mengisi formulir elektronik untuk memperoleh izin online untuk membawa obat-obatan untuk keperluan personal sebelum memsuki negara," bunyi imbauan tersebut.

Menanggapi aturan baru tersebut, pihak Kementerian Luar Negeri Inggris telah mengimbau warganya yang ingin bepergian ke Dubai untuk mengikuti aturan tersebut.

Diketahui, Uni Emirat Arab memiliki aturan yang ketat terkait obat-obatan dan sejumlah substansi terlarang.

(rdy/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED