Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 01 Nov 2018 09:30 WIB

TRAVEL NEWS

6 Sebab Utama Kecelakaan Pesawat

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Ilustrasi pesawat (dok.detikcom)
Ilustrasi pesawat (dok.detikcom)
Jakarta - Tim gabungan masih berupaya mencari black box Lion Air JT 610 agar diketahui penyebab kecelakaannya. Dalam dunia aviasi, ada 6 sebab utama kecelakaan pesawat.

Ada enam penyebab utama kenapa pesawat bisa mengalami kecelakaan. Kecelakaan ini disebabkan oleh beberapa faktor dan mempengaruhi dalam maupun luar kabin.

Data-data ini dilihat detikTravel, Kamis (1/11/2018), dari Statistical Summary of Commercial Jet Airplane Accidents, Worldwide Operations 1959-2017. Data ini dipublikasikan oleh Boeing pada Oktober 2018.

Dari data di atas ada 6 penyebab utama kecelakaan pesawat. Sederet fakta penyebab kecelakaan itu antara lain: bahan bakar, kegagalan komponen atau kerusakan, tidak dapat ditentukan, masalah takeoff atau landing, penerbangan menabrak daratan dan kehilangan kontrol.

Posisi pertama kecelakaan fatal pesawat dikarenakan faktor kehilangan kontrol (LOC-I atau Loss of Control-In Flight). Ada 14 kecelakaan fatal dengan 1.129 korban jiwa di dalam pesawat dan 2 korban dari luar.

Posisi kedua dikarenakan penerbangan terkontrol menabrak daratan (CFIT atau Controlled Flight Into or Toward Terrain). Ada 13 kecelakaan dengan 600 korban jiwa dari pesawat dan 36 orang dari pihak luar.

Posisi ketiga disebabkan oleh RE (Runway Excursion) saat landing, ARC (Abnormal Runway Contact) dan USOS (Undershoot/Overshoot). Ini adalah masalah pesawat tergelincir di landasan. Ada 8 kecelakaan dengan korban jiwa sebanyak 201 dari dalam pesawat dan 22 dari luar akibat kecelakaan ini.

(Boeing)(Boeing)
Posisi keempat disebabkan oleh UNK (unknwon/undetermined) tidak diketahui penyebabnya. Ada 3 kecelakaan dengan korban jiwa sebanyak 90 dari dalam pesawat akibat kecelakaan ini.

Posisi kelima yakni disebabkan oleh SCF-PP (System/Component Failure or Malfunction (Powerplant) alias kerusakan mesin saat terbang. Ada 2 kecelakaan dengan korban jiwa sebanyak 153 dari dalam pesawat dan 12 lainnya dari luar.

Posisi keenam disebabkan oleh bahan bakar (FUEL). Ada 1 kecelakaan dengan korban jiwa sebanyak 71 dari dalam pesawat.

Masih ada penyebab lain kecelakaan dalam dunia penerbangan namun korban kebanyakan berasal dari luar. 6 Penyebab lagi kecelakaannya yaitu, RE (takeoff), RAMP (ground handling), MAC (Midair/Near-Midair Collision) atau tabrakan di udara, F-NI (Fire/Smoke Non-Impact) atau kebakaran, OTHR (other), RI-VAP (Runway Incursion-Vehicle, Aircraft, or Person) dengan total ada 14 kecelakaan, korban penumpang sebanyak 17 dan korban dari luar sebanyak 53 orang.


Simak Juga 'Melihat Perjalanan Sepekan Terakhir Lion Air PK-LQP Sebelum Jatuh':

[Gambas:Video 20detik]

(rdy/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA