Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 06 Nov 2018 16:30 WIB

TRAVEL NEWS

Kejadian Lee Jong Suk, Deportasi Itu Apa Sih?

Kurnia Yustiana
detikTravel
Foto: Aktor Korea Selatan, Lee Jong Suk (Chung Sung-Jun/Getty Images)
Jakarta - Aktor Korea Selatan Lee Jong Suk yang datang ke Indonesia, dipulangkan ke negaranya, alias dideportasi. Banyak penggemar bertanya-tanya, apa maknanya.

Akhir pekan lalu Lee Jong Suk menghadiri jumpa fans yang bertajuk 'Crank Up In Jakarta' di Jakarta Selatan. Namun saat hendak pulang ke Korea Selatan usai acara tersebut, aktor pemeran drama Pinocchio ini sempat tertahan di bandara dan dimintai keterangan di kantor Imigrasi Jakarta Selatan.

Kantor Imigrasi Jakarta Selatan kemudian mengambil keputusan untuk mendeportasi Lee Jong Suk, terkait masalah penyalahgunaan visa. Keputusan soal Lee Jong Suk ini sudah dikomunikasikan kepada pihak Korea Selatan.

"Data yang ada yang bersangkutan masuk dengan visa on arrival (visa kunjungan) dan menyalahgunakan perizinannya sehingga diambil tindakannya dan dipulangkan malam ini dengan Korea Airlines," ujar Kepala Bagian Humas dan Umum Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, Teodorus Simarmata kepada detikcom, Senin (5/11) kemarin.

Bicara soal deportasi, rasanya lekat dengan dunia traveling mancanegara. Dilihat detikTravel dari UU Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian, Selasa (6/11/2018), tertulis dalam pasal 1 ayat 36 bahwa deportasi merupakan tindakan paksa mengeluarkan orang asing dari wilayah Indonesia.

Dalam pasal 75 ayat 1 tertulis bahwa 'Pejabat Imigrasi berwenang melakukan Tindakan Administratif Keimigrasian terhadap Orang Asing yang berada di wilayah Indonesia yang melakukan kegiatan berbahaya dan patut diduga membahayakan keamanan dan ketertiban umum atau tidak menghormati atau tidak menaati peraturan perundang-undangan'.


Tonton video: Menangis, Fans Minta Maaf pada Lee Jong Suk di Bandara

[Gambas:Video 20detik]



Nah, deportasi dari wilayah Indonesia termasuk salah satu dari Tindakan Administratif Keimigrasian yang disebutkan di ayat 2 huruf f. Maka traveler yang dideportasi, seperti yang dialami Lee Jong Suk misalnya, dipulangkan ke negara asalnya oleh Direktorat Jenderal Imigrasi.

Dari informasi yang dikumpulkan detikTravel, penyebab deportasi ini bisa beragam. Mulai dari melanggar aturan masuk ke Indonesia tanpa paspor atau secara ilegal, paspor yang masa berlakunya kurang dari batas yang ditentukan, izin tinggal yang sudah habis, hingga masalah penggunaan visa yang tidak sesuai. Nah, kasus Lee Jong Suk ini masuk kategori yang terakhir tadi.

Traveler yang bepergian ke luar negeri pun sebaiknya lebih memperhatikan lagi soal visa, masa berlaku paspor dan dokumen penting lainnya, agar terhindar dari deportasi. Tentunya traveling jadi kurang menyenangkan kalau mengalami deportasi bukan? (krn/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA