Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 06 Nov 2018 22:17 WIB

TRAVEL NEWS

Terlalu Ganteng dan 4 Alasan Aneh Traveler Dideportasi

Kurnia Yustiana
detikTravel
Ilustrasi (Ari Saputra/detikTravel)
Jakarta - Tak hanya soal penyalahgunaan visa seperti Lee Jong Suk, ada pula alasan-alasan unik yang membuat traveler dideportasi. Dari terlalu tampan, sampai salah bawa paspor.

Dunia traveling mancanegara tak lepas dari yang namanya deportasi. Banyak hal yang menyebabkan traveler dideportasi. Beberapa di antaranya bisa dibilang tak biasa, namun benar-benar pernah terjadi.

Dirangkum detikTravel, Selasa (6/11/2018), berikut ini 5 alasan aneh traveler dideportasi dari suatu negara:

1. Terlalu tampan

Beberapa tahun lalu, tepatnya April 2013, nama Omar Borkan Al Gala sempat ramai dibahas. Ia termasuk salah satu dari tiga pemuda asal Dubai, UAE, yang dideportasi dari Arab Saudi karena dianggap terlalu ganteng.

Kala itu Omar beserta dua pria Abu Dhabi lain yang tidak disebutkan namanya, datang ke Arab Saudi untuk menghadiri festival kebudayaan Jenadrivah Heritage and Cultural Festival yang digelar di Riyadh. Namun tiba-tiba mereka malah ditangkap polisi setempat dan dibawa pergi dari lokasi.

Seperti diberitakan The Sun, polisi syariah di kota itu atau Mutaween beralasan dengan adanya ketiga pria tersebut, dikhawatirkan para wanita setempat tidak mampu menahan diri dan tergoda. Hal tersebut jelas-jelas melanggar hukum syariat Islam yang berlaku di negara itu.

2. Salah bawa paspor suami

Juni 2016 lalu, traveler bernama Marion Lamond asal Skotlandia menghiasi pemberitaan sejumlah media Skotlandia dan Inggris. Wanita paruh baya itu hendak liburan ke Dalaman, Turki. Namun bukan kesenangan liburan yang didapatkan, Marion malah berurusan dengan pihak berwajib karena salah bawa paspor.

Tanpa disadari, dia salah membawa paspor milik suaminya, Derek, yang saat itu sudah kadaluwarsa 5 tahun. Marion pun dideportasi dari Turki.

BACA JUGA: Kejadian Lee Jong Suk, Deportasi Itu Apa Sih?

3. Berfoto bugil di Angkor Wat

Tiga turis asal Prancis ditangkap saat ketahuan berfoto bugil di area Angkor Wat, Kamboja tahun 2015. Tepatnya, mereka berfoto di Kuil Banteai Kdei yang masih merupakan kawasan Situs Warisan Dunia UNESCO.

Hal ini memicu kemarahan warga Kamboja karena Angkor Wat merupakan kawasan yang sakral. Para turis tersebut kemudian ditahan selama 6 bulan dan setelahnya dideportasi dari Kamboja. Tak hanya itu, mereka tak boleh kembali ke Kamboja dalam kurun waktu 4 tahun, serta harus membayar denda sebesar USD 1.000 (Rp 14,8 juta) per orang.

4. Rapikan kamar pacar

Alasan yang satu ini bisa jadi yang paling aneh. Gara-gara membantu merapikan kamar pacarnya di Kanada, seorang traveler Inggris bernama Tom Rolfe malah dideportasi. Hal ini ramai diberitakan media internasional pada 2015 lalu.

Rolfe datang ke Kanada untuk bertemu kekasihnya, Sam Edwards, dengan visa liburan. Saat ingin mengurus visa lagi untuk mendapat izin tinggal di Kanada, petugas menemukan foto Rolfe yang sedang membantu merapikan kamar Edwards.

Tak disangka, tindakan tersebut dianggap sebagai pelanggaran. Pria Inggris itu dituduh bekerja di Kanada, padahal sebagai pemegang visa liburan ia tidak boleh bekerja di negara ini. Rolfe tentunya membantah. Dia sedang merapikan kamar pacarnya, bukan sedang bekerja.

Namun petugas imigrasi tetap memintanya untuk segera pergi dari Kanada dalam waktu 8 hari. Pria ini juga dilarang berkunjung ke Kanada selama 28 bulan. Ada-ada saja ya!

5. Menyelundupkan 3 buah sosis

Di awal 2018 ini, traveler asal Belgia yang tidak disebutkan namanya traveling ke Selandia Baru. Saat tiba di Bandara Internasional Auckland, pria ini kedapatan menyembunyikan 3 buah sosis di dalam tasnya.

Petugas biosecurity bandara pun langsung menangkap pria ini untuk diinterogasi. Setelah proses interogasi, akhirnya dia mengaku sengaja menyembunyikan sosis babi dan sosis salami itu untuk menghindari pemeriksaan petugas.

Menurut pihak Kementerian Perindustrian (Ministry for Primary Industries) Selandia Baru, penyelundupan makanan seperti sosis ini berisiko mengancam produk lokal. Sosis itu bisa membawa bibit penyakit dan dapat mengakibatkan bahaya bagi produk agrikultur Selandia Baru. Alhasil pria dari Belgia itu dideportasi.


Simak Juga 'Rasain! Sembilan WNA Ini Terancam Dideportasi':

[Gambas:Video 20detik]


(bnl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA