Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 09 Nov 2018 17:45 WIB

TRAVEL NEWS

Ratu Freediving Dunia Juarai SIFC 2018 di Sabang

Agus Setyadi
detikTravel
Foto: Salah satu atlet freediving di SIFC 2018 (Agus Setyadi/detikTravel)
Foto: Salah satu atlet freediving di SIFC 2018 (Agus Setyadi/detikTravel)
Banda Aceh - Ada dua juara umum pada Sabang International Freediving Competition (SIFC) 2018. Satunya pria asal China dan satunya lagi ratu freediving dari Rusia.

Atlet freediving pria asal China, Jin Wang dan atlet wanita dari Rusia, Marianna Gillespie, jadi juara umum pada ajang Sabang International Freediving Competition (SIFC) 2018. Marianna yang dijuluki ratu freediving dunia ini mengumpulkan 214 poin.

Atraksi freediving ini digelar di Teluk Balohan Sabang, Aceh mulai 3-8 November 2018. Ada 40 atlet dari 23 negara yang ikut ambil bagian. Mereka menyelam dengan kedalaman sesuai kategori yang diikuti. Jika berhasil mengambil kartu putih yang dipasang di tali di bawah air, maka dinyatakan menang.

Ketika naik ke permukaan, para freediver ini memperlihatkan kartu putih ke juri. Setelah dinyatakan menang, selebrasi pun dilakukan. Sejumlah atlet dan pihak panitia mengguyur atlet tersebut dengan air.

SIFC 2018 digelar di Sabang 3-8 November 2018 (Agus Setyadi/detikTravel)SIFC 2018 digelar di Sabang 3-8 November 2018 (Agus Setyadi/detikTravel)
Setelah kompetisi digelar, pihak panitia menetapkan dua orang yang menjadi juara umum yaitu untuk kategori pria dan wanita. Untuk pria, Jin Wang dinyatakan menjadi juara setelah menjadi yang terbaik untuk dua disiplin ilmu yang diperlombakan yaitu Constant Weight (CWT) dan Constant Weigh No Fins (CNF) dengan total 239 poin.

Jin Wang hanya kalah dari freediver asal Taiwan, Jay Ku, saat disiplin Free Immersion (FIM). Sedangkan untuk kategori perempuan, Marianna Gillespie keluar sebagai pemenang. Ratu selam dunia ini memboyong seluruh disipilin ilmu dengan poin 214 poin.

"Selamat kepada para peserta yang telah berhasil memecahkan rekor nasionalnya di Kota Sabang. Semoga dengan kegiatan ini para peserta dapat memviralkan Sabang ke negaranya masing-masing. Semoga dengan kegiatan yang berjalan sukses ini, kita bisa bertemu kembali tahun depan di ajang yang sama," kata Kepala Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS), Sayid Fadhil saat menutup event SIFC 2018 di Aula Mata Ie Resort, Kamis (8/11/2018).

(Agus Setyadi/detikTravel)(Agus Setyadi/detikTravel)
Seorang atlet freediving asal Swiss, David Buchler, mengaku, event SIFC 2018 membuatnya tidak bakal melupakan keindahan Sabang. Ia mengaku sebagai atlet pendatang baru dalam event tersebut.

"Kompetisi bagus, pekerjaan bagus untuk panitia dan teman-teman semua. Saya akan merindukan momen-momen seperti ini. Sebagai pendatang baru, saya rasa tidak ada yang mustahil untuk meraih prestasi. Mari kita tunggu tahun depan, sampai bertemu kembali kawan-kawan semuanya," ungkap David. (agse/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Azerbaijan Menggoda Turis

Rabu, 14 Nov 2018 12:10 WIB

Azerbaijan jadi salah satu negara dengan perkembangan pariwisata tercepat dunia. Terus genjot pariwisata, Azerbaijan rilis video tentang keindahan alamnya.