Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 19 Des 2018 09:20 WIB

TRAVEL NEWS

Arkeolog VS Kontraktor Bertengkar Gara-gara Stonehenge di Inggris

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Foto: Stonehenge (English Heritage.org)
Foto: Stonehenge (English Heritage.org)
Salisbury - Para arkeolog Inggris bertengkar dengan kontraktor jalan. Ini gara-gara proyek terowongan jalan melewati situs Stonehenge yang berusia 6.000 tahun.

Melansir CNN Travel, Rabu (19/12/2018), pembangunan ini berpotensi menghancurkan artefak prasejarah dan bukti sapi raksasa Monster Cow yang sudah punah. Pengeboran itu diduga melalui platform kapur Mesolitik buatan manusia di Blick Mead, sebuah mata air hangat di tepi Dataran Salisbury, 137 km dari London, Inggris.

Di Blick Mead sendiri merupakan tempat penggalian arkeologi dan telah berlangsung sejak 2005. Para arkeolog khawatir jika pengeboran berlanjut akan menyebabkan tampungan air dalam tanah jatuh.

Tentunya hal ini berpotensi menghancurkan artefak kunci yang telah diawetkan di tanah yang tergenang air. Jalanan yang sedang dibangun itu berbiaya USD 2 miliar (Rp 28,9 triliun) termasuk terowongan di bawah situs kuno.

Arkeolog VS Kontraktor Bertengkar Gara-gara Stonehenge di InggrisFoto: (CNN Travel)
"Ini adalah dagelan. Jika terowongan dilanjutkan, meja air akan jatuh dan semua sisa-sisa organik akan hancur," kata Profesor David Jacques dari University of Buckingham dalam sebuah pernyataan resmi.

Monster cow atau dikenal dengan nama Auroch adalah sumber makanan di zaman prasejarah. 1 Ekoar bisa untuk dibagi 300 orang. Di situs tersebut ditemukan cetak kuku Auroch, hewan prasejarah yang telah punah.

Arkeolog VS Kontraktor Bertengkar Gara-gara Stonehenge di InggrisFoto: (CNN Travel)
"Kami sangat berhati-hati untuk menggali platform ini dan sidik jari auroch. Kami percaya pemburu menganggap daerah ini sebagai tempat suci bahkan sebelum Stonehenge. Sapi-sapi monster ini jadi bahan makanan untuk 300 orang, jadi dipuja," kata Jacques.

Di sana ada ribuan alat memasak dari batu dan tulang binatang punah. Semua dimakan selama pesta prasejarah dan di situs ini diyakini sebagai pemukiman yang paling awal yang diketahui setelah Zaman Es terakhir, yang berasal dari 12.000 tahun yang lalu.

Arkeolog VS Kontraktor Bertengkar Gara-gara Stonehenge di InggrisFoto: (CNN Travel)
Situs ini dianggap sangat penting karena merupakan tempat berkumpul pemburu yang pernah berkeliaran di Inggris. Mereka pertama kali pula bertemu dengan para petani Neolitikum yang pergi untuk membangun Stonehenge, kata para peneliti.

Para arkeolog mengatakan pengembang jalan menggali lubang bor dengan kedalaman 3 meter tanpa berkonsultasi dengan para peneliti. Lokasinya melalui platform kapur yang diyakini dibangun dari batu dan tulang-belulang binatang.

Jalanan ini juga dianggap pengelola Stonhenge bisa merusak dan tidak dapat diperbaiki di situs warisan paling terkenal di dunia itu. Highways England tetap menyatakan pemasangan piezometer, alat yang digunakan untuk mengukur tekanan dan kedalaman air tanah di lubang bor, telah tidak mengakibatkan kerusakan arkeologis pada area Blick Mead.

Penggalian adalah bagian dari persiapan untuk pembangunan terowongan sejauh 2,8 kilometer. Jalan penghubung ini melewati bawah tanah di dekat Stonehenge yang sibuk dan populer. (msl/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED