Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 26 Des 2018 12:30 WIB

TRAVEL NEWS

Libur Akhir Tahun Naik Gunung, Hati-hati Badai dan Hujan

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Pendakian Gunung Slamet (mountnesia/Instagram)
Pendakian Gunung Slamet (mountnesia/Instagram)

FOKUS BERITA

Liburan Akhir Tahun
Temanggung - Pendaki memadati gunung-gunung mendekati akhir tahun. Meski begitu harus hati-hati, sedang terjadi badai dan hujan khususnya di Pulau Jawa.

Dihimpun detikTravel, Rabu (26/12/2018), musim penghujan dimulai sejak bulan November lalu. Dilihat dari beberapa akun Instagram, gunung-gunung yang ada di Jawa Tengah juga Jawa Timur masih juga ramai.

Dilihat di akun @mountnesia, pendakian yang amat berat dengan hujan mengiringi pertama kali di post pada awal bulan lalu. Lokasinya ada di Gunung Kerinci, Jambi lalu diikuti dengan pendakian di Gunung Arjuno Welirang.




Dari keduanya nampak pendaki membawa keril dan memakai jas hujan. Bahkan di Gunung Arjuno, jalur pendakiannya seperti selokan dengan derasnya air mengalir, sama seperti di Gunung Sindoro juga Sumbing.



Bahkan di salah satu jalur Gunung Slamet dialiri air hujan yang begitu deras. Para pendaki pun harus ekstra hati-hati melewati sungai dadakan itu.



Di Gunung Merbabu tak lebih mengerikan keadaannya. Badai melanda sejumlah pendaki yang ada di sana dengan sejumlah tenda ambruk diterjangnya.

Lihat postingan ini di Instagram

Oleh @mountravellers - Yakin masih mau muncak di musim hujan? Koleksi @firdiikhsan_, Gn. Slamet via bambangan

Sebuah kiriman dibagikan oleh PENDAKI GUNUNG INDONESIA (@mountnesia) pada 18 Des 2018 jam 10:06 PST



Di Gunung Prahu, keadaan serupa juga melanda pendaki. Sejumlah pendaki yang sudah datang ke basecamp diminta tak mendaki terlebih dahulu.



Begitulah keadaan di beberapa gunung di Pulau Jawa. Bagi traveler yang akan mendaki diharap memantau cuaca, mengecek peralatan juga kesehatan, dan lebih ekstra hati-hati. (msl/aff)

FOKUS BERITA

Liburan Akhir Tahun
BERITA TERKAIT
BACA JUGA