Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 01 Jan 2019 16:21 WIB

TRAVEL NEWS

Libur Tahun Baru, Pantai Gunungkidul Relatif Sepi Pengunjung

Pradito Rida Pertana
detikTravel
Pantai Sepanjang di Gunungkidul (Pradito Rida Pertana/detikTravel)
Pantai Sepanjang di Gunungkidul (Pradito Rida Pertana/detikTravel)

FOKUS BERITA

Liburan Akhir Tahun
Gunungkidul - Libur Tahun Baru, pantai di Gunungkidul relatif sepi pengunjung. Hal ini karena peringatan dini gelombang tinggi.

Pasca peringatan dini gelombang tinggi yang dikeluarkan BMKG dan tsunami Banten ternyata masih mempengaruhi wisatawan untuk berkunjung ke Pantai. Hal itu tampak dari sepinya kunjungan di Pantai Kabupaten Gunungkidul.

Pantauan detikTravel di Pantai Sepanjang, Dusun Ngasem, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Selasa (1/1/2019) dari pukul 12.00 WIB hingga 13.00 WIB belum tampak adanya peningkatan wisatawan. Bahkan, jumlah wisatawan di Pantai tersebut baru sekitar ratusan orang saja.

Libur Tahun Baru, Pantai Gunungkidul Relatif Sepi PengunjungWisatawan di Pantai Sepanjang (Pradito Rida Pertana/detikTravel)

Dijelaskan Sekretaris SAR Satlinmas wilayah II Gunungkidul, Surisdiyanto jumlah kunjungan wisatawan di Pantai Sepanjang memang mengalami penurunan dibanding tahun lalu. Bahkan, saat malam pergantian tahun hanya sedikit pengunjung yang datang ke pantai tersebut.

"Tahun ini kunjungan wisatawan menurun drastis dibanding tahun lalu, mungkin karena pemberitahuan dari BMKG terkait angin kencang dan gelombang tinggi kemarin," katanya saat ditemui di Pantai Sepanjang, Dusun Ngasem, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, siang.

Menurutnya, tadi malam hanya sedikit yang datang ke Pantai Sepanjang. Padahal biasanya sepanjang garis pantai itu penuh tenda kemping dan tadi malam hanya sekitar 10 tenda saja di Pantai Sepanjang.


Seorang wisatawan asal Jakarta, Ahmad Prayoga (30) mengatakan ia telah mengetahui peringatan yang dikeluarkan BMKG terkait gelombang tinggi. Namun, karena penasaran ingin membuktikan keindahan Pantai Selatan Gunungkidul, Prayoga tetap mengunjunginya.

"Kebetulan pas liburan ke Yogyakarta dan diberitahu teman kalau pantai di Gunungkidul bagus-bagus lalu ke sini (Pantai Sepanjang). Ternyata memang bagus Pantainya," ujarnya.

Libur Tahun Baru, Pantai Gunungkidul Relatif Sepi PengunjungBiasanya lebih ramai (Pradito Rida Pertana/detikTravel)

Terkait peringatan gelombang tinggi, Prayoga mengatakan dirinya tetap waspada. Wisatawan lain, Andowo Septiandi (24), warga Pasuruan, Jawa Timur juga mengaku baru pertama kali mengunjungi Pantai selatan Gunungkidul. Menurutnya, ombak di Pantai Sepanjang tidak terlalu besar dan aman dikunjungi.

"Baru pertama kali ke sini (Pantai Sepanjang), ke Gunungkidul juga baru sekali ini. Menurut saya ombaknya nggak terlalu besar ya, dan suasananya juga nyaman," katanya.

Mengenai adanya keraguan untuk datang ke Pantai karena peringatan dini gelombang tinggi dari BMKG, Andowo mengakui sempat terpengaruh.

"(Peringatan gelombang tinggi) dari BMKG itu sebenarnya mempengaruhi, tapi ya karena ingin ke sini, jadi yang penting tetap hati-hari saja kalau gelombangnya tinggi," pungkasnya. (fay/fay)

FOKUS BERITA

Liburan Akhir Tahun
BERITA TERKAIT
BACA JUGA