Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 11 Jan 2019 17:23 WIB

TRAVEL NEWS

Membandingkan Berbagai Harga Bagasi 4 Maskapai

Shinta Angriyana
detikTravel
Ilustrasi bagasi pesawat (Hasan Al Habshy)
Ilustrasi bagasi pesawat (Hasan Al Habshy)
Jakarta - Polemik tarif bagasi jadi pro dan kontra di kalangan traveler. Sebenarnya, berapakah harga rata-rata bagasi maskapai berbiaya rendah?

detikTravel, Jumat (11/1/2019) membandingkan 4 maskapai yang beroperasi di Indonesia yaitu AirAsia, Citlink, Lion Air dan Sriwijaya Air. Pertimbangannya adalah keempatnya kelas menengah dengan harga yang tidak jauh berbeda. Dari situs resminya, inilah perbandingan soal urusan bagasinya:

1. Lion Air

Mulai dari Lion Air, yang baru-baru ini menerapkan harga kepada penumpang untuk barang bawaan bagasi. Sebelumnya, maskapai ini memberikan 20 kilogram gratis untuk setiap penerbangan.

Namun, ada kabar Lion Air menerapkan tarif untuk bobot 5 kilogram (kg) sebesar Rp 155 ribu, 10 kg Rp 310 ribu, 15 kg Rp 465 ribu, 20 kg Rp 620 ribu, 25 kg Rp 755 ribu, dan 30 kg Rp 930 ribu.

Menurut Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro, bahwa harga bagasi disesuaikan dengan durasi penerbangan, kapasitas dan kebutuhan penumpang.

"Pada gambar informasi yang beredar, kami masih melacak sumbernya. Namun, untuk struktur tersebut adalah kisaran untuk penerbangan dengan flight hours lebih dari 3 jam, seperti Jakarta-Gorontalo, Jakarta-Manado, Jakarta-Kupang," ujar Danang dalam keterangan tertulis.

2. AirAsia
Foto: AirAsia


Maskapai bujet ini juga memiliki sejumlah rute penerbangan di Indonesia. Dilihat dari situs resminya, AirAsia memberikan bagasi gratis sejumlah 15 kg untuk penerbangan domestik.

AirAsia pun memberikan tarif berdasarkan rute. Misalnya rute Jakarta-Bali, untuk 20 kg dipatok seharga Rp 88 ribu (pemesanan awal) dan Rp 101.200 (setelah pemesanan awal). Sedangkan, harga paling mahalnya, untuk barang bawaan 40 kilogram seharga Rp 308 ribu (pemesanan awal) dan Rp 354.200 (setelah pemesanan awal). Harga ini berbeda jika penumpang membawa peralatan olahraga.

3. Citilink
Foto: Citilink


Maskapai bujet dari grup Garuda Indonesia, Citilink, memberikan harga bagasi tambahan sesuai durasi penerbangan. Untuk penerbangan di bawah 59 menit misalnya, dijual dengan harga Rp 20 ribu/kilogram.

Namun, ada juga harga per 10 kilogram dijual dengan harga Rp 105 ribu untuk durasi di bawah 59 menit. Harga paling mahal dipatok dengan penerbangan di atas 6 jam dengan kapasitas 40 kilogram, seharga Rp 3 juta.

4. Sriwijaya
(Sriwijaya Air)

Sebenarnya, Sriwijaya Air tidak termasuk ke jenis maskapai Low Cost Carrier. Mereka berfokus kepada pelayanan medium service dengan harga yang cukup terjangkau. Beberapa rute memberikan kelonggaran bagasi sebanyak 20 kilogram kepada penumpangnya. (sna/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED
Laporan dari China

Foto: Gerbang Surga di China

Selasa, 22 Jan 2019 22:50 WIB

Nama Pegunungan Tai mungkin agak janggal di telinga orang Indonesia. Namun pegunungan ini dipercaya jadi gerbang surga untuk berdoa kepada dewa langit.