Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 11 Jan 2019 18:20 WIB

TRAVEL NEWS

Antisipasi Gunung Agung Erupsi, Turis Diimbau Waspada dan Siapkan Masker

Aditya Mardiastuti
detikTravel
Foto: Ilustrasi (Reuters)
Foto: Ilustrasi (Reuters)
Denpasar - Gunung Agung, Bali sempat erupsi lagi dan mengeluarkan abu vulkanik. Wisatawan yang datang ke Pulau Dewata diimbau waspada dan sedia masker jika terjadi hujan abu.

"Pasca erupsi, aktivitas Gunung Agung sampai saat ini teramati masih berfluktuasi. Potensi erupsi masih ada namun kemungkinan kalau pun terjadi eksplosivitasnya masih rendah," kata Kepala Sub Bidang Mitigasi Pengamatan Gunung Api Wilayah Timur PVMBG, Devy Kamil Syahbana ketika dihubungi Jumat (11/1/2019).

Hingga saat ini status Gunung Agung belum diturunkan. Para wisatawan pun diminta menjauhi radius 4 km dari puncak.

"Saat ini status masih Level III (Siaga) di mana masyarakat diimbau untuk tidak melakukan aktivitas di dalam radius 4 km. Masyarakat di luar radius itu dapat menjalankan aktivitas seperti biasanya, mengingat potensi erupsi masih ada, masyarakat diimbau untuk senantiasa siap sedia masker penutup hidung dan mulut untuk melindungi dari paparan Abu Vulkanik jika terjadi erupsi dan hujan abu," tutur Devy.

Dari pantauannya, abu vulkanik teramati sempat menghujani sejumlah wilayah di Kabupaten Karangasem. Namun, hujan abu itu dilaporkan tipis.

"Umumnya di sektor barat laut Gunung Agung, dari yang terdekat seperti Desa Ban di Karangasem hingga ke wilayah lebih jauh seperti Desa Dause, Kabupaten Bangli, bahkan Desa Sudaji Kabupaten Buleleng. Namun paparan abu vulkanik teramati tipis," tuturnya. (ams/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED