Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 01 Feb 2019 18:45 WIB

TRAVEL NEWS

Imlek Jatuh Saat Weekday, Reservasi Hotel di Pangandaran Rendah

Andi Nurroni
detikTravel
Hotel di Pangandaran Foto: Andi Nurroni/detikTravel
Hotel di Pangandaran Foto: Andi Nurroni/detikTravel
Pangandaran - Perayaan Imlek tahu ini nyaris tidak berdampak pada peningkatan pemesanan hotel di Pangandaran. Hal tersebut dikarenakan Imlek jatuh pada hari kerja.

Manajer Hotel Pantai Indah Erianto menyampaikan, libur Imlek biasanya baru perpengaruh terhadap reservasi hunian jika jatuh di akhir pekan. Dengan kondisi Imlek yang jatuh pada tanggal 5 Januari, Selasa mendatang, kata dia, nyaris tidak berdampak terhadap kunjungan wisatawan.

Menurut Erianto, dari sudut pandang bisnis pariwisata, Imlek atau Tahun Baru Cina memiliki keunikan. Biasanya, komunitas Tionghoa sendiri tidak berpergian pada H-1 hingga hari H.

"Jadi kalaupun Imlek jatuh di weekend, sebenarnya yang ramai kunjungan itu wisatawan kita (non-Tionghoa)," kata Erianto kepada detikTravel.

Sebaliknya, menurut dia, komunitas Tionghoa umumnya memanfaatkan libur panjang menjelang Lebaran atau Tahun Baru Masehi.

"Jadi kami memang jarang ada promo khusus atau dekorasi Imlek. Kecuali tanggalnya pas, misalnya jatuh di libur panjang, diprediksi banyak kunjungan tamu Tionghoa, baru kita promo," kata dia.

Sales and Marketing Manager Hotel Horison Palma Pangandaran Ratih Anggraini juga berbicara hal serupa. Menurut Ratih, hotelnya tidak menyiapkan promo atau ajang khusus menyambut Imlek.

"Kita ada promo, tapi sifatnya umum aja, tidak khusus Imlek. Terutama sih kita buat recovery sehabis kemarin isu tsunami," ujar Ratih.

Ratih menginformasikan, karena isu tsunami Selat Sunda akhir tahun lalu, sektor perhotelan di Pangandaran sangat terdampak. Dibandingkan periode sebelumnya, kata dia, reservasi hunian Natal dan tahun baru lalu turun sampai 80 persen.

"Makanya kita aktif kasih info, Pangandaran aman banget dan cuaca bersahabat. Kalau takut laut, kita banyak river destination," kata Ratih. (aff/sna)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Labuan Bajo dan Nomadic Tourism

Senin, 25 Mar 2019 20:35 WIB

Labuan Bajo masuk 4 destinasi super prioritas yang ditetapkan oleh Pemerintah. Nomadic Tourism pun dipilih untuk pengembangan pariwisata di sana.

MRT Jakarta Bikin Bangga

Senin, 25 Mar 2019 19:10 WIB

MRT Jakarta baru saja diresmikan Presiden RI Joko Widodo pada Minggu (24/3), kemarin. Hari ini, masih antusias para penumpangnya dengan rasa bangga.