Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 06 Feb 2019 13:20 WIB

TRAVEL NEWS

Netizen ke Menteri Susi: Tenggelamkan Orang yang Buang Sampah Sembarangan

Afif Farhan
detikTravel
Menteri Susi (Dok. ANTARA FOTO/Media OOC 2018/Irsan Mulyadi/nym.)
Menteri Susi (Dok. ANTARA FOTO/Media OOC 2018/Irsan Mulyadi/nym.)
Jakarta - Postingan video Pantai Belitung penuh sampah di Instagram Menteri Susi jadi perbincangan. Banyak masukan dari netizen, termasuk tak sedikit minta tenggelamkan!

Dilihat detikTravel dari Instagram pribadinya, susipudjiastuti115 pada Rabu (6/2/2019) Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti memposting video liburannya saat ke Belitung di awal tahun 2019. Mulanya, dia mau mencari bunga untuk ditanam di Pantai Pangandaran, tapi justru dikejutkan oleh banyak sampah!

Terlihat dalam video tersebut, sampah-sampah berupa botol plastik sampai bekas makanan berserakan. Jumlahnya cukup banyak, sehingga membuat Susi sedikit geram dan berpesan kepada wisatawan agar tidak membuang sampah sembarangan saat mendatangai tempat yang cantik.

BACA JUGA: Gara-gara Sampah di Pantai Belitung, Menteri Susi Geram



Postingan video tersebut pun dikomentari lebih dari 1.000 kali oleh netizen. Paling banyak, minta Susi menenggelamkan orang-orang yang buang sampah sembarangan.

"Ini kampung halaman saya bu, silahkan kalo nemu yang buang sampang sembarangan tenggelamkan saja bu saya ikhlas," tulis akun aldiews15bdg.

"Bu menteri Kalau ketemu orang yang buang sampah sembarangan tenggelamkan," tulis aismozad.

"Tenggelamkan saja bu yang buang sampah itu," komentar restisahid.

BACA JUGA: Pantai Belitung Banyak Sampah, Menteri Susi: Bagaimana Ini?

Beberapa komentar lain menyebut, ada baiknya pengelola destinasi wisata menyediakan banyak tempat sampah. Selain itu, juga harus ada aturan tegas mengenai buang sampah sembarangan.

"Pemda harus menyediakan tempat sampah Bu di setiap sudut kawasan wisata dan Pemda harus pasang pengumuman dilarang buang sampah sembarangan," tulis tutiealaw.

"Kesadaran untuk hidup bersih dan tertib masyarakat kita masih kurang Bu Susi. Harus dibuat program reward dan punishment, atau dibuat lomba pantai bersih atau ada penghargaan bagi daerah yang bisa menjaga kebersihan pantai dan lautnya," tulis akun shafaernaher.

"Mantap Bu Susi.. Segerakan buat peraturan masalah Sampah di pantai Bu," tulis akun iinducret.

Banyak juga netizen berkomentar, ada baiknya wisatawan yang datang ke tempat-tempat wisata untuk sadar diri. Jika tidak menemukan tempat sampah, ada baiknya simpan dulu sampahnya dan jangan asal buang.

"Mau ada atau tidaknya penyediaan tempat sampah harusnya dengan kesadaran sendiri, kadang suka bingung seberapa berat sih tinggal masuk ke tas," tulis akun layusyahanjarch.

Menurut kamu, bagaimana baiknya? (aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED