Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 19 Feb 2019 12:55 WIB

TRAVEL NEWS

Gunung Bromo Erupsi, Aktivitas Wisata Masih Normal

Afif Farhan
detikTravel
Gunung Bromo (Diajeng Kinanti Widowati/dTraveler)
Gunung Bromo (Diajeng Kinanti Widowati/d'Traveler)
Jakarta - Gunung Bromo di Jawa Timur mengalami erupsi, terjadi embusan menerus disertai abu tipis. Meski begitu, aktivitas wisatanya masih kondusif.

Pada Senin (18/2/2019), Gunung Bromo menunjukan aktivitasnya. Pos Pengamatan Gunung Api Gunung Bromo di Jawa Timur melaporkan bahwa telah terjadi hembusan menerus disertai abu tipis di Gunung Bromo. Saat ini, tingkat aktivitas Gunung Bromo masih berada di Level II (WASPADA).

"Mengimbau kepada masyarakat sekitar Gunung Bromo, pengunjung, wisatawan, maupun pendaki agar tidak memasuki kawasan kawah aktif Gunung Bromo dalam radius 1 km," demikian disampaikan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), dalam keterangan resminya

BACA JUGA: Gunung Bromo Erupsi, Wisatawan Diminta Menjauh 1 Km

Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) John Kenedie menyatakan aktivitas wisata di Gunung Bromo masih kondusif. Alias, masih baik-baik saja seperti sedia kala.

"Kondusif untuk didatangi, masih normal. Kondisi di lapangan masih bagus, ini masih waspada," katanya kepada detikTravel, Selasa (19/2/2019).

Soal imbauan wisatawan diminta menjauh 1 km, John menegaskan itu memang sudah aturannya di Gunung Bromo. Meski disayangkan, ada saja pengunjung yang nakal.

"Kita sudah kasih tanda pembatas, tapi ya kadang pengunjung kadang-kadang masuk juga. Harusnya tidak boleh demi keselamatan diri sendiri," terangnya.

Dari data yang dikeluarkan Balai Besar TNBTS, secara visual gunung terlihat jelas hingga kabut. Asap awan bertekanan lemah hingga sedang teramati putih dan coklat dengan intesitas tipis, sedang, hingga tebal dan tinggi 50-700 m di atas puncak kawah.

Hari ini, cuaca yang dilaporkan di sekitar Gunung Bromo yaitu cerah, berawan, mendung dan hujan dengan tiupan angin lemah ke arah timur laut, timur, tenggara, selatan, barat daya dan barat. Suhu rata-rata 12-20 derajat Celcius, kelembaban udara 0-0 % dan tekanan udara 0-0 mmHg. (aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA