Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 19 Feb 2019 19:30 WIB

TRAVEL NEWS

Maskapai AS Akan Berikan Pilihan Jenis Kelamin 'Ketiga'

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Ilustrasi transgender (Getty Images)
Ilustrasi transgender (Getty Images)
Jakarta - Umumnya, penumpang pesawat akan diminta mengisi kolom jenis kelamin saat memesan tiket. Namun, maskapai AS akan berlakukan pilihan jenis kelamin lain.

Dikumpulkan detikTravel dari berbagai sumber, Selasa (19/2/2019), kebijakan baru tersebut akan dilakukan oleh sejumlah maskapai AS untuk memfasilitasi traveler dengan jenis kelamin lain di luar pria dan wanita atau transgender seperti diberitakan media Inggris Metro.

Sejumlah maskapai yang akan menerapkan kebijakan baru tersebut antara lain maskapai American, Delta, United, Southwest, Alaska, dan JetBlue. Diketahui, nantinya kebijakan baru tersebut akan ditambahkan pada alat pemesanan online mereka.

BACA JUGA: Ada Penumpang Transgender, Petugas Maskapai Bingung Saat Check In

Jadi selain pilihan jenis kelamin pria dan wanita, nantinya juga akan tersedia pilihan ketiga seperti undisclosed, unspecified atau Mx saat memesan tiket secara online. Kebijakan itu pun diambil oleh para maskapai AS agar dapat memberikan pelayanan lebih pada semua kalangan.

"Kami punya konsumen yang bervariasi. Kebijakan ini akan diterima dengan baik, dan kami akan sangat senang melakukannya," ujar juru bicara maskapai American Airlines, Matt Miller.

Kebijakan itu pun mengundangn pujian dari kelompok advokat transgender. Sekiranya, penambahan jenis kelamin lain itu akan memudahkan kaum transgender untuk bepergian dengan pesawat.

"Ini merupakan sebuah langkah signifikan untuk para individu dengan dua jenis kelamin (ganda-red). Sehingga tidak akan terjadi ketidakcocokan data antara tiket dan identitas legal mereka," ujar juru bicara Human Rights Campaign, Beck Bailey seperti diberitakan media The Independent.

Dijelaskan oleh Beck, para transgender di Amerika kerap stress saat bepergian karena takut dicegat saat bepergian naik kereta atau pesawat. Kebijakan baru ini pun jadi upaya untuk menghilangkan kecemasan tersebut.

Sebelumnya, sejumlah negara bagian di Amerika Serikat bahkan telah mengizinkan warganya untuk mengidentifikasi mereka sebagai transgender. Contohnya seperti Oregon, Colorado, Maine, Minnesota, Arkansas dan Washington DC. (bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED