Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 19 Feb 2019 22:50 WIB

TRAVEL NEWS

Akibat Drone, Bandara Dubai Ditutup 30 Menit

Shinta Angriyana
detikTravel
Ilustrasi Bandara Dubai (AFP Photo/Karim Sahib)
Ilustrasi Bandara Dubai (AFP Photo/Karim Sahib)
Dubai - Bandara Dubai ditutup selama setengah jam untuk publik pada Jumat, (15/2) lalu. Hal ini, dikarenakan sebuah drone yang terbang. Kenapa ya?

Dikumpulkan detikTravel dari berbagai sumber, Selasa (19/2/2019) Bandara Dubai, yang merupakan salah satu bandar udara tersibuk dunia terpaksa tidak beroperasi dalam beberapa saat. Hal ini dipicu oleh munculnya drone terbang tidak dikenal di salah satu terminal.

Akibatnya, pada pukul 10.13-10.45 waktu setempat, bandara harus ditutup dan penerbangan pun terpaksa ditunda. Hingga pihak berwajib memeriksa dan menyatakan bahwa bandara sudah layak digunakan kembali.

Mengutip Travel+Leisure, Uni Emirat Arab melarang penggunaan drone di daerah bandara. Jadi, siapapun yang tidak berkepentingan menerbangan drone, akan dikenakan hukuman sesuai peraturan UEA yang berlaku.





Seluruh drone yang ingin diterbangkan harus terdaftar di Otoritas Penerbangan Sipil UEA. Begitupun dengan kamera dan laser.

Penumpang pun juga mengeluhkan kejadian ini. Menurut mereka, penerbangan juga terganggu serta berdampak pada aktivitas penumpang. Pesawat yang sudah berada di apron dan runway pun terpaksa berhenti.

BACA JUGA: Jepretan Kece Pangeran Dubai

Tentunya, menerbangkan drone di bandara pun jadi bisa menjadi hal berbahaya serta dapat mengakibatkan kecelakaan. Tahun 2016 lalu, maskapai British Airways juga terganggu akibat menabrak drone di Bandara Internasional Heathrow. Beruntung, tidak ada gangguan serius.

Hingga berita ini dibuat, belum ada jawaban siapa yang menerbangkan drone tersebut. Yang jelas, kejadian ini cukup meresahkan salah satu bandara tersibuk di dunia karena menjadi terminal penghubung ke sejumlah tempat. Ada-ada saja... (sna/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA