Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 05 Mar 2019 18:15 WIB

TRAVEL NEWS

Taman Nasional Wakatobi Kumpulkan Sampah 3,1 Ton

Sitti Harlina
detikTravel
Foto: (Brian Sumito/Istimewa)
Foto: (Brian Sumito/Istimewa)
Wanci - Pihak Taman Nasional Wakatobi, Sulawesi Tenggara bersih-bersih sampah. Tak tanggung-tanggung, yang terkumpulkan mencapai 3,1 ton.

Balai Taman Nasional Wakatobi berhasil mengumpulkan sampah sebanyak 3.165,9 Kg atau 3,1 ton pada tiga wilayah berbeda. Hal tersebut diungkapkan Kepala Balai Taman Nasional Wakatobi, Darman kepada detikTravel, Selasa (5/3/2019).

"Kemarin kita melakukan aksi bersih-bersih dalam rangka memperingati hari sampah, ada beberapa kecamatan yang berbeda dan jumlahnya pun tidak sama," ungkapnya.

Dijelaskannya beberapa tempat yang dijadikan lokasi pemungutan sampah antara lain Kantor Balai Taman Nasional Wakatobi sebanyak 700 Kg, Desa Kapota Utara sebanyak 320,9 Kg, Dermaga/pelabuhan Rakyat Desa Langge, Kec. Kaledupa Selatan sebanyak 1.750 Kg dan Pantai Hondue Desa Kolosoha Kec. Tomia sebanyak 395 Kg. Sampah yang dikumpulkan tersebut kata Darman bervariasi bukan hanya sampah plastik, melainkan sampah organik dan an organik.

Setelah sampah tersebut dikumpulkan, lalu disimpan di tempat penampungan sampah. "Tidak kami bakar, karena kalau dibakar akan menimbulkan masalah baru jadi kami simpan di suatu tempat penampungan," ujarnya.

BACA JUGA: Disapa Lumba-lumba Wakatobi

Menurutnya, aksi bersih-bersih tersebut tidak hanya melibatkan kantor balai, melainkan beberapa instansi terkait dan juga merangkul masyarakat.

Ia berharap dengan kegiatan yang dilakukan tersebut dapat menjadi budaya hidup sehari-hari bukan hanya pada moment tertentu saja.

"Mudah-mudahan diaplikasikan dalam keseharian, masyarakat juga harus pandai memilah mana sampah yang masih bisa dimanfaatkan, sehingga tidak terlalu banyak tumpukan sampah," harapnya. (sym/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA