Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 21 Mar 2019 16:30 WIB

TRAVEL NEWS

Daftar Negara Paling Bahagia di Dunia 2019, Indonesia Nomor Berapa?

Syanti Mustika
detikTravel
Pemandangan alam di Islandia (Shutterstock/CNN Travel)
Pemandangan alam di Islandia (Shutterstock/CNN Travel)
Jakarta - Data negara paling bahagia di dunia telah di rilis World Happiness Report. Terdapat 10 negara paling bahagia dengan urutan pertama diperoleh oleh Finlandia.

Hidup di negara yang yang memenuhi semua keinginan rakyat, lengkap dengan beragam fasilitas umum, pendapatan yang tinggi serta warga yang ramah tentu menjadi keinginan semua orang. Negara manakah yang punya semua itu ya? The World Happiness Report pun merilis urutan negara-negara paling bahagia di dunia.

Dilihat detikcom dari situs resminya, Kamis (21/3/2019) untuk bisa menjadi negara paling bahagia, terdapat beberapa kritria penilaian untuk menentukan kebahagiaan penduduk. Berikut 10 negara yang unggul di kriteria dan menjadi negara bahagia di dunia.

1. Finlandia
2. Denmark
3. Norwegia
4. Islandia
5. Belanda
6. Swiss
7. Swedia
8. Selandia Baru
9. Kanada
10. Austria

Penilaian negara bahagia ini tidak asal-asalan saja. Terdapat beberapa poin penilaian yang kemudian dirata-ratakan. Nilai paling tinggi, dan itulah negara yang paling bahagia. Beberapa poin-poin penilaiannya seperti kebebasan berpendapat, kebebasan memeluk kepercayaan, harapan hidup sehat, kehidupan sosial dan kehidupan masyarakat.



Dari 10 negara bahagian di atas, Finlandia memang pantas menyandang negara paling bahagia. Negara Finlandia tidak hanya memperhatikan warga asli alias keturunan Finladia saja, mereka juga memperhatikan kesejahteraan para imigran.

Riset melihat bahwa warga Finlandia rela membayar pajak tinggi untuk jaringan pengamanan sosial. Mereka juga percaya pemerintah, warga yang hidup dalam kebebasan dan ramah antar sesama.

Begitu juga dengan 9 negara lainnya, yakni salah satunya Selandia Baru. Seperti diketahui, Selandia Baru baru saja terkena serangan teror penembakan di 2 masjid di Christchurch. Namun dinilai, poin melindungi rakyat dari kekerasan dan trauma, Selandia Baru mendapat poin tinggi.

Bagaimana dengan Indonesia? Di tahun 2019 Indonesia memperoleh posisi 92 dari 156 negara. Di mana posisi ini lebih unggul di bandingkan negara China dan Vietnam.

(sym/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA