Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 09 Apr 2019 17:25 WIB

TRAVEL NEWS

Bawa Elang di Kabin Pesawat, Amankah Buat Penumpang?

Afif Farhan
detikTravel
Elang di pesawat (CNN Travel)
Elang di pesawat (CNN Travel)
Jakarta - Baru-baru ini, heboh penumpang pesawat bawa burung elang di kabin. Sebenarnya, amankah membawa elang baik untuk penumpang dan untuk burungnya sendiri?

Dirangkum detikcom dari berbagai sumber, Selasa (9/4/2019) baru-baru ini heboh di Twitter mengenai dua penumpang pesawat yang membawa burung elang di dalam kabin. Diketahui, itu terjadi di salah satu maskapai asal Timur Tengah.

Terlihat, burung elang itu ditutup bagian kepalanya. Elangnya ditaruh di tangan dan terlihat baik-baik saja.



Beberapa maskapai asal Timur Tengah seperti Qatar Airways dan Royal Jordania memang mengizinkan penumpang pesawat membawa burung elang ke kabin. Elang pun merupakan hewan yang begitu dihormati bagi masyarakat Timur Tengah dan punya stasus sosial yang tinggi. Dulunya, elang adalah 'teman' untuk berburu makanan di hutan atau di gurun pasir.

BACA JUGA: Duduk Sebelah Penumpang yang Bawa Elang di Pesawat, Apa Rasanya?

Beberapa ahli satwa dari Timur Tengah mengungkapkan, elang di dalam kabin pesawat cukup aman kepada penumpang. Sebab, maskapai-maskapai yang mengizinkan penumpang membawa elang punya aturan khusus yang harus dipatuhi.

Misalnya, burung elang tersebut sudah memiliki sertifikat kesehatan untuk terbang. Dalam hal ini, burung elangnya sudah diberi vitamin dan obat tertentu supaya tidak mengalami stress saat di pesawat.

Bawa Elang ke Kabin Pesawat, Amankah Buat Penumpang?Foto: (CNN Travel)


Selain itu, kuku elang juga harus dipotong tidak terlalu tajam. Asal tahu saja, cengkraman elang sangat kuat dan tentu bisa merusak benda apapun di dalam kabin pesawat.

Belum selesai, rantai di kaki elang juga wajib terpasang dan terhubung ke tangan sang pemilik. Sang pemilik pun menggenakan sarung tangan khusus.

BACA JUGA: Viral di Twitter, Penumpang Bawa Elang di Kabin Pesawat

Terakhir, burung-burung elang yang mau masuk ke kabin pesawat harus menggenakan penutup kepala. Hal itu supaya elang tetap tenang.

"Karena ketika elang melihat sesuatu dan tertarik, dia akan berusaha mendapatkannya. Untuk itu, penutup kepala sangat penting dan membuat elang-elang juga tidak panik selama di kabin pesawat," kata salah seorang pakar, Kayed. (aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED