Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 13 Apr 2019 11:50 WIB

TRAVEL NEWS

Ikut Pemilu Saat di Luar Negeri, Begini Suasana di Melbourne

Shinta Angriyana
detikTravel
Suasana pemilu di KJRI Melbourne Foto: Istimewa/Nadya
Suasana pemilu di KJRI Melbourne Foto: Istimewa/Nadya
Melbourne - Ikut pemilu 2019 saat traveling di luar negeri, kenapa tidak? KJRI Melbourne hari ini ramai dengan orang yang mau mencoblos.

WNI di luar negeri, baik bekerja, kuliah, atau traveling, bisa ikut mencoblos di KBRI atau KJRI yang menggelar Pemilu dan Pilpres 2019 hari ini. Ada 65 kota dunia yang menggelar Pemilu 2019 termasuk di Melbourne, Australia.

detikcom menghubungi Nadya (22) WNI yang sudah menetap sejak 2017 lalu di Melbourne, Australia untuk melakukan studi. Menurutnya, antrean sudah ada sejak pagi tadi waktu Melbourne.

Antrean di depan KJRI MelbourneAntrean di depan KJRI Melbourne Foto: Istimewa/Nadya


"Tadi mulai antre pukul 09.00 pagi (waktu setempat). Datang antre ambil nomor, dibagi-bagi lagi buat nyoblosnya," ujarnya saat dihubungi Sabtu (13/9/2019).

Nadya mengatakan, bahwa WNI yang berada di Melbourne harus mendaftar ke laman yang dirujuk oleh KPU. Kemudian, akan terbagi menjadi beberapa jenis pemilih.

"Daftarnya di website PPLN Melbourne. Nanti kebagi 3, ada DPT, DPT-B dan DPK. Saya dapatnya yang DPK. Jamnya beda-beda," kata Nadya.

Suasana di TPSSuasana di TPS Foto: Istimewa/Nadya


Saat dihubungi, Nadya mengaku sudah mengantre di KJRI Melbourne selama 1,15 jam. Karena mendapat jenis DPK, ia mendapat giliran untuk melakukan pemungutan suara pukul 18.00 waktu Melbourne.

"Tadi ditanya, dapat jenis apa. Kalau DPT bisa langsung nyoblos. Nanti yang DPK jam 18.00-19.00 kebagiannya," ujarnya.

Ia juga mengatakan, bahwa kondisi di KJRI Melbourne terpantau ramai. Sejumlah WNI sudah memadati KJRI sejak pagi hari untuk mengambil nomor antrean. Kalau traveler sedang ada di Melbourne, coba datang ke KJRI ya.

"Ramai banget di sini, ada belasan ribu kayaknya dari pagi," tambahnya.



Seperti yang diketahui, sejumlah pihak kedutaan RI di 65 kota dunia melaksanakan pemungutan suara Pemilu 2019 hari ini. Sejumlah wilayah di luar negeri selain Australia yakni Toronto di Kanada, London di Inggris, Bucharest di Romania, Chicago di AS dan beberapa wilayah di berbagai negara lainnya.


Simak Juga 'Ada 3 Metode Nyoblos di Luar Negeri, Apa Saja?':

[Gambas:Video 20detik]

(sna/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED