Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 14 Apr 2019 10:15 WIB

TRAVEL NEWS

Bazaar & Dangdutan Ramaikan Pemungutan Suara untuk WNI di Belanda

Shinta Angriyana
detikTravel
Booth bazaar Nasi Padang di Pemilu 2019 Belanda (Istimewa/Puspita)
Booth bazaar Nasi Padang di Pemilu 2019 Belanda (Istimewa/Puspita)
Den Haag - Pemungutan suara pemilu 2019 sudah dilaksanakan oleh WNI yang menetap di luar negeri. Pesta demokrasi ini dirayakan layaknya sebuah selebrasi yang menyenangkan.

Namanya pesta demokrasi, harusnya memang dilakukan dengan bersenang-senang. Contoh saja di Den Haag, Belanda saat Pemilu 2019 untuk WNI yang berada di sana.

Seperti dalam pemungutan suara di Den Haag, Belanda, pencoblosan suara dilakukan Sabtu kemarin (13/4/2019). Untuk memeriahkan acara, TPS yang digelar di sebuah sekolah Indonesia yang berlokasi di Den Haag tersebut menyediakan berbagai hiburan bagi para pengunjung.

"Di sini ada bazaar makanan Indonesia, sampai dangdutan," ujar Puspita, salah satu WNI yang menetap di Belanda saat dihubungi detikcom.

Puspita menambahkan, pihak KBRI setempat juga menyediakan berbagai fasilitas untuk menunjang para WNI yang ingin melakukan pemungutan suara. Beberapa antara lain seperti toilet umum sampai tempat menyusui.

Acara dangdutan (Istimewa/Puspita)Acara dangdutan (Istimewa/Puspita)
"Ada tempat nunggu untuk orang tua, lansia, bayi, disabled (berkebutuhan khusus). Nanti (kalau ingin mencoblos) dipanggil sesuai TPS," ujar Puspita.

Puspita juga mengatakan, bahwa pengunjung pun antusias datang ke beberapa booth bazaar makanan yang disediakan. Begitu pula dengan acara dangdutan yang mungkin bisa bikin rindu WNI yang menetap di Negeri Kincir Angin.

Menurut Puspita, acap kali lagu 'Lagi Syantik' dan 'Sayang' pun dinyanyikan.

"Lagu yang diulang-ulang yang 'memang lagi syantik' sama 'opo koe kerungu' diulang-ulang terus lagunya dinyanyiin, sampai hafal," ujar Puspita.

Sejumlah WNI yang antre (Istimewa/Puspita)Sejumlah WNI yang antre (Istimewa/Puspita)
Menurut Puspita, sejumlah pengunjung pun juga ikut berdendang bersama alunan musik. Hiburan ini sudah ada sejak waktu pencoblosan dibuka kepada WNI.

"Banyak banget yang joget-joget dangdutan. Bazaar makanan juga, pada lapar karena habis ngantre," tambah Puspita.

Seperti yang diketahui, sejumlah kedutaan RI di luar negeri menyelenggarakan pemungutan suara Pemilu 2019 bersama PPLN (Panitia Pemilihan Luar Negeri). Pada Sabtu (13/4) tercatat ada 65 pemungutan suara, seperti di Melbourne, Australia, Toronto di Kanada dan Den Haag di Belanda.


(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA