Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 16 Apr 2019 19:35 WIB

TRAVEL NEWS

Ini Fungsi 3 Lampu Navigasi Pesawat

Afif Farhan
detikTravel
Foto: Ilustrasi pesawat (iStock)
Foto: Ilustrasi pesawat (iStock)
Jakarta - Tahukah kamu, ada 3 lampu navigasi di pesawat yang masing-masing punya fungsinya. Mari kita kenali.

Hal tersebut disampaikan Angkasa Pura lewat akun Instagram-nya, ap_airports seperti dilihat detikcom, Selasa (16/4/2019) tiga lampu navigasi itu menjadi penanda arah. Tentu, kita sering melihatnya kalau duduk di dekat jendela pesawat dekat bagian sayap.

BACA JUGA: Siapa yang Berhak Buat Sandaran Tangan di Bangku Tengah Pesawat?

Ketiga lampu tersebut berwarna merah, hijau, dan putih. Selama berada dalam penerbangan, ketiga lampu ini wajib dinyalakan.

Lampu berwarna hijau dan merah terletak di bagian ujung sayap pesawat. Warna hijau berada di sisi kanan dan merah di sisi kiri. Lampu ini akan memberikan isyarat kepada pesawat lain, petugas di bandara, atau orang yang ada di darat.

View this post on Instagram

#SahabatAP1, apakah kamu sudah tahu kalau pesawat punya tiga lampu navigasi yang menjadi penanda arah? . Ketiga lampu ini berwarna merah, hijau, dan putih. Selama berada dalam penerbangan, ketiga lampu ini wajib dinyalakan. Lampu berwarna hijau dan merah terletak di bagian ujung sayap pesawat. Warna hijau berada di sisi kanan dan merah di sisi kiri. Lampu ini akan memberikan isyarat kepada pesawat lain, petugas di bandara, atau orang yang ada di darat. . Saat lampu hijau berada di sisi kiri dan lampu merah berada di kanan, itu berarti pesawat sedang mendekati kita. Jika sebaliknya, tandanya pesawat sedang terbang menjauhi kita. Sedangkan lampu yang berwarna putih atau dikenal dengan nama strobo yang selalu berkedip ini fungsinya adalah untuk membantu petugas ATC mengetahui posisi pesawat. . Kalau kamu, sudah dapat lampu hijau dari dia belum? 馃槢 . #AngkasaPura1 #AP1GoBeyond

A post shared by Angkasa Pura Airports (@ap_airports) on Apr 14, 2019 at 6:50am PDT



Saat lampu hijau berada di sisi kiri dan lampu merah berada di kanan, itu berarti pesawat sedang mendekati kita. Jika sebaliknya, tandanya pesawat sedang terbang menjauhi kita. Sedangkan lampu yang berwarna putih atau dikenal dengan nama strobo yang selalu berkedip ini fungsinya adalah untuk membantu petugas ATC mengetahui posisi pesawat.

Instagram Angkasa Pura sering memberikan banyak informasi penerbangan pesawat dan bandara-bandara di Indonesia. Tentu, bakal menambah wawasan kita untuk mengetahui lebih dalam tentang dunia aviasi.

(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED