Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 22 Apr 2019 13:45 WIB

TRAVEL NEWS

Hari Bumi, KLHK Serukan Imbauan Jaga Lingkungan dan Spesies

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Ilustrasi orang utan (BBC Magazine)
Ilustrasi orang utan (BBC Magazine)

FOKUS BERITA

Bumi Rumah Kita
Jakarta - Tepat 22 April ini dunia merayakan Hari Bumi. Di momen penting ini, KLHK mengajak kita semua untuk sama-sama terlibat menjaga bumi dan spesies di dalamnya.

Melihat situs global Earth Day, sebagai penghuni Bumi kita diingatkan kembali akan pentingnya lingkungan serta spesies di dalamnya. Sesuai dengan tema tahun ini yang berbunyi 'Protect Our Species,' semua orang diajak turut peduli.

BACA JUGA: Hari Bumi Bukan Cuma Sekadar Ucapan Selamat

Sebagai garda terdepan lingkungan di Indonesia, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia atau biasa disingkat KLHK juga mengkampanyekan hal yang sama.

Dihubungi detikcom via sambungan telepon, Senin (22/4/2019), Kepala Biro Humas KLHK, Djati Witjaksono turut mengutarakan hal senada dengan kampenye besar Earth Day tahun ini.

"Kalau kita bicara Hari Bumi yang temanya adalah 'Protect Our Species' berarti lindungilah spesies-spesies kita, tumbuhan dan satwa liar kita yang ada. Berarti makin concern gitu," ujar Djati.

Tanpa kita sadari, bumi ini sejatinya adalah rumah bagi semua ciptaan Tuhan. Tak hanya manusia atau kita, tapi juga tumbuhan dan satwa. Sebagai makhluk berakal, adalah kewajiban kita untuk menjaga Bumi dan bukan malah merusaknya.

"Kita harus melindungi habitat tempat hidup. Jadi Bumi ini sebagai tempat hidup spesies-spesies," ujar Djati.

BACA JUGA: Hari Bumi, Mari Lebih Peduli Kepada Rumah Kita Ini

Menyambut Hari Bumi ini, Djati mengaku kalau pihak KLHK tidak punya acara khusus. Hanya saja pihaknya terus mendukung sejumlah stakeholder dan penggiat lingkungan untuk terus menyuarakan ajakan menjaga lingkungan.

"Kita gak ada, karena dari awal inisiasinya dari teman-teman NGO (Non Governmnet Organization). Memang beberapa tempat kita ada adakan acara, tapi di kementerian secara khusus gak ada. Kita menghadiri undangan teman-teman dari NGO atau pemerhati lingkungan," tutup Djati.


Simak Juga 'Unik! Intip Pesan Google Doodle di Hari Bumi':

[Gambas:Video 20detik]

(msl/aff)

FOKUS BERITA

Bumi Rumah Kita
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED