Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 22 Apr 2019 18:15 WIB

TRAVEL NEWS

Sutopo Kesal, Ada Bule Nekat di Gunung Agung

Shinta Angriyana
detikTravel
Kondisi Gunung Agung Erupsi (Foto: Dok. PVMBG)
Kondisi Gunung Agung Erupsi (Foto: Dok. PVMBG)
Jakarta - Saat Gunung Agung di Bali sedang erupsi, wisman malah nekat dekat-dekat kawah. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho pun geram.

Seperti dilihat detikcom dari akun resmi linimasa Twitter milik Sutopo, Senin (22/4/2019) ia mengunggah video seorang turis mancanegara yang diduga berada di Gunung Agung. Menurut unggahannya, video terjadi pada Kamis (18/4) lalu.

"Meski sudah dilarang beraktivitas di dalam radius 4 km dari puncak, tapi masih ada saja wisman dan guide turis yang nekat ke kawah. Sangat berbahaya karena Gunung Agung dapat erupsi kapan saja. Ini video 18/4/2019 yang tersebar di medsos. Jangan ditiru. Berbahaya!," tulis Sutopo.



Belakangan, status Gunung Agung berada di level 3 atau siaga akibat aktivitasnya yang menyebabkan erupsi. Hal tersebut juga terjadi hingga hari ini, Senin (22/4/2019).

BNPB pun sudah mengimbau kepada masyarakat dan wisatawan untuk tidak melakukan pendakian ataupun beraktivitas apapun dalam jarak 4 kilometer dari kawah Gunung Agung. Tentunya, kedua turis yang ada di dalam video tersebut jaraknya sangat dekat dan kurang dari 4 kilometer.

Seperti yang diketahui, Gunung Agung mengalami erupsi kemarin Minggu (21/4/2019). Erupsi ini menyebabkan abu vulkanik dengan intensitas tipis hingga tebal di beberapa tempat seperti Kabupaten Karangasem, Bangli dan Klungkung.

Traveler juga diimbau untuk berhati-hati jika ada di Pulau Bali. Khususnya, berada di dekat kejadian. Sebaiknya, pergi ke daerah yang lebih aman dan gunakan masker udara untuk melindungi diri.

(sna/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED