Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 25 Apr 2019 14:50 WIB

TRAVEL NEWS

Tradisi Seba, 1.500 Warga Baduy Akan Jalan Kaki 100 Km ke Rangkasbitung

Bahtiar Rivai
detikTravel
Foto: Bahtiar Rivai/detikcom
Serang - Suku Baduy punya tradisi Seba yang akan dilakukan 4-6 Mei 2019 mendatang. Nantinya, 1.500 warga Baduy akan berjalan ke Rangkasbitung untuk berjumpa dengan bupati.

Tradisi Seba sebagai upacara tahunan warga Baduy akan dilakukan pada 4-6 Mei 2019 mendatang. 1.500 warga dengan ciri khas pejalan kaki ini akan geruduk kota.

Kepala Desa Kanekes Jaro Saija mengatakan, pelaksanaan Seba akan dimulai pada Sabtu (4/5) dengan sebagain warga berjalan kaki ke Rangkasbitung. Pejalan kaki dilakukakan bagi warga Baduy Dalam untuk betemu dengan bupati.

Kesokan harinya, perjalanan Seba dilanjutkan ke Kota Serang untuk bertemu dengan gubernur Banten yang mereka sebut 'Bapak Gede'. Di masing-masing pertemuan dengan kepala daerah ini, para pemangku adat akan menyampaikan pesan-pesan penting tentang adat.

"Seba memang aturan yang di Baduy (disebut) tutup tahun yang sebagai silaturahmi. Kedua, Seba sebagai titipan dari leluhuruntuk melaksanakan itu," kata Saija kepada detikcom melalui sambungan telepon, Serang, Banten, Kamis (25/4/2019).

Seba tahun ini sendiri katanya disebut Seba Gede. Ritual pertemuan antara warga Baduy dengan para kepala daerah bukan hanya rutinitas tahunan. Ini dijadikan sebagai amanat leluhur dan permintaan adat supaya alam di Banten tetap dijaga dari berbagai kerusakan.

Seba merupakan sebuah upacara wajib setelah upacara yang disebut Kawalu. Saat pelaksanaannya, aturan adat melarang pelaksanaan Seba dilakukan dengan berkendara khususnya kepada Baduy Dalam. Diperkirakan mereka akan berjalan kaki sejauh 100 kilometer.

"Harapan kami sebagai (ajang) pariwisata dari manapun silakan saja. Tapi kalau bagi saya tetep menjelankan titipan karuhun (leluhur) dulu," ujarnya.



(sym/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
DMentor
×
Bisnis Untuk Si Introvert
Bisnis Untuk Si Introvert Selengkapnya