Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 28 Apr 2019 18:45 WIB

TRAVEL NEWS

Puasa di Aceh Begitu Beda, Apalagi Ada Festival Ramadan 2019

Agus Setyadi
detikTravel
Wisatawan di Banda Aceh (Agus Setyadi/detikTravel)
Wisatawan di Banda Aceh (Agus Setyadi/detikTravel)

FOKUS BERITA

Muslim Traveler
Banda Aceh - Suasana berpuasa di Aceh berbeda dengan daerah lain di Indonesia. Untuk menunjukkan kekhasannya, Aceh pun menggelar Festival Ramadan 2019.

Festival Ramadhan 2019 bakal digelar selama dua minggu di bulan puasa. Kegiatan ini dimulai 7 hingga 21 Mei 2019 sejak pukul 16.30 WIB sampai 20.00 WIB. Setelah itu, kegiatan setiap harinya dilanjutkan pukul 21.30 WIB hingga acara kelar.

Beragam kegiatan disuguhkan di Taman Budaya, Kota Banda Aceh. Tentunya semua acara dikemas dalam konsep islami. Di antaranya bazar dan Kuliner; jajanan berbuka puasa; pentas dan lomba seni budaya Islami dan pameran budaya Islami.

Selain itu juga pemutaran film Islami; buka puasa; tausyiah dan kegiatan pendukung menarik lainnya, seperti lomba seni Islami, adzan, mewarnai, nasyid, dalail, dan lainnya. Kegiatan ini akan ditampilkan ditiga panggung di area Taman Budaya.

"Alhamdulilah, aura Ramadan 1440 H telah terasa. Festival Ramadhan 2019 ini sebagai salah satu event wisata Islami yang terangkum dalam Calendar of Event (COE) 2019 untuk menyemarakkan bulan Ramadan dengan ragam kegiatan yang bersifat syiar dan syair," kata Kepala Disbudpar Aceh, Jamaluddin kepada wartawan, Minggu (28/4/2019).

Festival Ramadhan 2019, jelas Jamal, akan menjadi sebuah event menarik dan memberikan pengalaman baru bagi wisatawan muslim selama berada di Aceh.

(Istimewa)(Istimewa)


Menurutnya, Festival Ramadhan 2019 tidak hanya mengajak wisatawan menikmati pesona dan keunikan wisata Ramadhan di Serambi Mekkah saja. Tapi juga mengajak wisatawan muslim nusantara dan mancanegara untuk melaksanakan ibadah puasa Tanah Rencong.

"Wisatawan nanti mendapatkan sebuah sensasi dan pengalaman baru setelah berpuasa di Aceh," jelas Jamal.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemasaran Disbudpar Aceh, Rahmadhani, mengharapkan dukungan masyarakat Aceh khususnya dan wisatawan Muslim umumnya untuk memeriahkan Festival Ramadhan 2019 yang akan menjadi event tetap tahunan Aceh.

"Selama acara berlangsung, penyelenggara juga akan membagikan takjil gratis kepada masyarakat, shalat tarawih berjamaah, buka puasa bersama, santunan anak yatim dan lelang baju artis nasional. Hasil lelangnya akan disumbangkan kepada anak yatim piatu dan kaum dhuafa," beber Rahmadhani.

BACA JUGA: Bulan Ramadan, Ada Khatam Fest Untuk Perkuat Iman

Rahmadhani menambahkan, Festival Ramadhan 2019 akan menampilkan nuansa unik dan menarik dengan aneka dekorasi budaya Aceh yang islami. Hal ini untuk memberikan pengalaman baru bagi para pengunjung Festival Ramadhan 2019.

"Semoga wisatawan Muslim, khususnya wisatawan Malaysia akan menjadikan Festival Ramadhan 2019 sebagai salah satu paket wisata favorit keluarga mereka di Aceh," ungkap Rahmadhani. (aff/aff)

FOKUS BERITA

Muslim Traveler
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED