Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 30 Apr 2019 13:45 WIB

TRAVEL NEWS

Viral! Tentara India Klaim Temukan Jejak Kaki Yeti

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Ilustrasi Yeti (iStock)
Ilustrasi Yeti (iStock)
New Delhi - Tentara India baru saja mengumumkan sebuah penemuan heboh. Mereka berhasil menemukan jejak kaki raksasa yang diduga Yeti di Taman Nasional Makalu-Barun.

Sekitar 13 jam yang lalu, akun Twitter resmi Indian Army membuat pengumuman yang menghebohkan dunia maya. Untuk pertama kalinya, Tim Ekspedisi Pegunungan Militer India berhasil menemukan jejak kaki misterius yang diklaim sebagai jejak kaki Yeti.

Asal traveler tahu, Yeti adalah makhluk misterius yang selama ini jadi mitos di pegunungan bersalju Himalaya. Wujudnya seperti manusia bertubuh raksasa, namun berbulu tebal seperti kera. Mereka berjalan tegak dengan 2 kaki. Salah satu penanda eksistensi Yeti adalah jejak kakinya yang berukuran sangat besar.

Dihimpun detikcom dari beberapa sumber, Selasa (30/4/2019) jejak kaki ini ditemukan oleh Tim Ekspedisi Tentara India di Makalu Base Camp, Taman Nasional Makalu-Barun. Tanggal penemuannya sendiri disebutkan pada Selasa (9/4/2019).



Ukuran jejak kaki yang ditemukan tim ekspedisi ini juga disebutkan, yaitu sekitar 32x15 inchi (setara 81,28 x 38,1 cm). Bisa dibayangkan betapa besarnya jejak telapak kaki yang diduga Yeti itu.

Dari foto-foto yang dirilis di Twitter, tampak jelas jejak kaki diduga Yeti ini membentuk seperti sebuah garis. Tapi anehnya, hanya ada jejak kaki tunggal, sementara jejak kaki sebelahnya tidak nampak.

Tapi salah satu sumber di militer India menyebut bahwa selain jejak kaki, mereka juga memiliki bukti lain soal keberadaan Yeti yang selama ini masih misterius, yaitu foto dan video.

"Kami dapat input selama 10 hari terakhir ekspedisi, dan kami masih menyimpannya. Foto-foto dan video itu mungkin akan mengejutkan buat Anda," tutur sumber di Militer India seperti ditulis media New Delhi TV (NDTV).



Namun para peneliti menyebut Yeti hanyalah makhluk mitos yang tidak ada di dunia nyata. Jejak kaki dan penampakan-penampakan Yeti yang pernah dilihat traveler sebenarnya hanyalah perwujudan dari 3 jenis beruang yang tinggal di habitat bersalju, yaitu beruang hitam Asia, beruan cokelat Tibet, dan beruang cokelat Himalaya.

"Penemuan kami menunjukkan bahwa secara biologis, legenda Yeti bisa ditemukan di beruang lokal," kata Charlotte Lindqvist, Associate Professor di University of Buffalo, AS.

Sampai saat ini belum ada keterangan lebih lanjut dari pihak milter India terkait penemuan ini. Beberapa traveler pun ada yang percaya, ada pula yang tidak.

Kalau kalian sendiri percaya Yeti itu ada atau tidak? Silakan berkomentar di bawah ya!

(wsw/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED