Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 30 Apr 2019 14:25 WIB

TRAVEL NEWS

Denpasar Jadi Tuan Rumah Konferensi Organisasi Kota Pusaka Dunia

Aditya Mardiastuti
detikTravel
Konferensi Organisasi Kota Pusaka Dunia (Aditya Mardiastuti/detikcom)
Konferensi Organisasi Kota Pusaka Dunia (Aditya Mardiastuti/detikcom)
Jakarta - Kota Denpasar menjadi tuan rumah Konferensi Internasional Eropa-Asia Organization World Heritage City (OWHC) 2019. Apa yang dibahas?

Acara ini dihadiri 13 negara dari benua Asia dan Eropa serta 7 kabupaten/kota di Indonesia. Tema yang diangkat dalam konferensi ini yaitu Reselient Heritage and Tourism atau warisan tangguh dan pariwisata. Acara ini berlangsung pada 29 April-2 Mei dengan berbagai kegiatan.

"Ketangguhan budaya yang berlangsung dari masa ke masa sangat terbukti sebagai modal bagi pengembangan pariwisata heritage di Kota Denpasar baik itangible maupun tangible ditetapkan orientasi pembangunan pariwisata yang berlandaskan budaya tanpa kehilangan identitas dan kebanggaannya," kata Wali Kota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra saat membuka konferensi Eurasia OWHC di Prama Sanur Beach Bali Hotel, Sanur, Denpasar, Bali, Selasa (30/4/2019).

Terpisah, Ketua Panitia Eurasia OWHC Gusti Ngurah Eddy Mulya mengatakan Denpasar menjadi kota kedua yang menyelenggarakan konferensi internasional ini setelah Solo 2008 lalu. Terkait pemilihan tema Warisan Tangguh dan Pariwisata merupakan semangat Kota Denpasar yang secara berkelanjutan berupaya untuk menyelamatkan cagar budaya, salah satunya adalah Kota Pusaka.

Denpasar Jadi Tuan Rumah Konferensi Organisasi Kota Pusaka DuniaFoto: (Aditya Mardiastuti/detikcom)

"Konferensi ini bertujuan untuk mengembangkan jaringan kemiteraan diantara kota warisan budaya dunia untuk dapat berbagi pengalaman, bertukar gagasan dalam memperkuat warisan budaya sebagai penyelemat dasar wisata budaya dan memperkuat peradaban di masa depan," terangnya.

Selain rangkaian sesi diskusi antarnegara, acara akan dilanjutkan dengan kegiatan berkunjung ke lokasi cagar budaya di kawasan Denpasar dan Badung. Di antaranya Museum Blanjong Sanur, Monumen Bajra Sandi Renon, Puri Jero Kuta Denpasar, Smart Heritage Market Pasar Badung, Taman Kumbasari, Taman Ayun, Denpasar Art Space dan Inna Bali Heritage Hotel.

Hadir dalam acara ini Sekjen OWHC Denish Richard, Sekjen UCLG Eurasia Regional Cordinator of OWHC Rasikh Sagitov, Gubernur Bali I Wayan Koster dan para Wali Kota beserta delegasi dari 13 negara peserta OWHC.

Denpasar Jadi Tuan Rumah Konferensi Organisasi Kota Pusaka DuniaFoto: (Aditya Mardiastuti/detikcom)


Denpasar Jadi Tuan Rumah Konferensi Organisasi Kota Pusaka DuniaFoto: (Aditya Mardiastuti/detikcom)
(bnl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED