Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 01 Mei 2019 09:10 WIB

TRAVEL NEWS

Perbatasan Korea Utara Akan Dibuka untuk Hiking

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Zona Demarkasi Korea atau disingkat DMZ (CNN Travel)
Zona Demarkasi Korea atau disingkat DMZ (CNN Travel)
Seoul - Kawasan DMZ atau Korean Demilitarized Zone yang berada di perbatasan Korea Utara dan Selatan terkenal ketat. Namun, rencananya akan dibuka untuk hiking.

Bersitegang sejak lama, Korea Selatan dan Korea Utara dipisahkan oleh zona bebas senjata atau yang dikenal dengan Korean Demilitarized Zone atau DMZ. Walaupun kunjungan ke wilayah ini sangat terbatas, tetapi beberapa tempat dibuka untuk wisata khusus.

Dapat dikatakan, bahwa DMZ merupakan lokasi terjauh di Korea Selatan di mana traveler bisa mengintip Korea Utara dari kejauhan. Dikumpulkan detikcom dari berbagai sumber, Rabu (1/5/2019), ada wacana baru kalau DMZ akan dibuka untuk hiking seperti diberitakan media USA Today.

Secara teknis, DMZ mencakup area hiking bernama Goseong yang terletak di provinsi Gangwaon. Area hiking itu berjarak cukup dekat dengan area Korea Utara.
Melalui program Korea Selatan bernama 'Peace Trail' atau rute jalan damai, area itu akhirnya dibuka untuk umum seperti diungkapkan kepala United Nations Command, Jenderal Robert B Abrams.

"Pihak militer Korea Selatan telah bekerja panjang untuk memastikan keberhasilan dari inisiatif ini, di satu sisi sambil memastikan keamanan pengunjung," ujar Robert.

Apabila semua berjalan sesuai rencana, inisiatif itu akan diluncurkan hari Jumat pekan ini seperti diberitakan media The Korea Herald.

(wsw/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA